3 Anggota Polres Blora Batal Donor Plasma

Kapolres Blora, AKBP Wiraga Dimas Tama, SIK (tengah)

LINTAS BLORA, BLORA KOTA – Sejumlah anggota Polres Blora menjalani screening donor plasma konvalesen untuk pasien Covid -19, Rabu (3/3). Dari 6 anggota yang dilakukan screening hanya 3 orang yang dinyatakan lolos untuk donor plasma.

Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Wiraga Dimas Tama, mengatakan bahwa tahapan awal dilakukan screening bagi penyintas Covid-19 untuk dilihat hasil sampel darah, memenuhi syarat atau tidak untuk dilakukan donor plasma konvalesen selanjutnya. “Ada 6 penyintas di lingkungan Polres Blora, selanjutnya dilakukan screening terlebih dahulu untuk dilihat memenuhi syarat atau tidaknya dilakukan donor plasma konvalesen,” kata Wiraga.

Bacaan Lainnya

Setelah dilakukan screening, menurut Kapolres, 3 anggota memenuhi syarat untuk dilakukan donor plasma sementara 3 orang dinyatakan tidak lolos. Pengambilan donor plasma digelar di PMI Tuban Jawa timur.
Adapun ketiga anggota yang telah mendonorkan plasma tersebut adalah Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Blora Iptu Edi Santosa, Kasat Tahti Ipda Deni Subiyanto serta anggota Satreskrim Briptu Hari Firmanto.
“Sebenarnya ada 4 yang lolos screening, tapi saat kembali dicek, tensi darahnya tinggi sehingga batal untuk ikut donor. Sehingga yang tetap diambil plasma darahnya hanya 3 orang,” terangnya.

Sebagai informasi, plasma darah konvalesen ini terbukti berhasil menyembuhkan penderita Covid-19. Kendati demikian, plasma darah konvalesen yang didonorkan tidak serta merta bisa langsung digunakan kepada pasien Covid-19. Perlu ada screening yang dilakukan untuk memastikan plasma tersebut aman. (Ndn/LB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.