4.405 Buruh Tani Tembakau Blora Terima BLT DBHCHT

Lintas Blora – Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang dikucurkan Pemerintah Pusat untuk daerah penghasil tembakau mulai disalurkan di Kabupaten Blora, Selasa (22/11/2022).

Di Blora, penyaluran perdana BLT untuk para petani dan buruh tani tembakau ini dimulai di Desa Genjahan, Kecamatan Jiken. Penyaluran melalui Bank Jateng ini dipantau langsung oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST., MM., dan Forkopimda di Balaidesa Genjahan.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial PPPA Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si., menyampaikan bahwa BLT DBHCHT ini disalurkan khusus untuk para petani dan buruh tani tanaman tembakau yang ada di Kabupaten Blora. Termasuk para buruh pabrik rokok.

“Di Blora, setelah kami lakukan pencocokan data dari Dinas Pertanian dengan data Kemiskinan, telah tervalidasi sebanyak 4.405 penerima. Terdiri dari 4.345 petani dan buruh tani tembakau, dan 60 buruh pabrik rokok.

Semuanya tersebar di 57 Desa, 12 Kecamatan se Kabupaten Blora,” ucap Indah. “Untuk besaran BLT DBHCHT per bulan satu keluarga mendapatkan bantuan sebesar 300 ribu rupiah, selama empat bulan berturut-turut. Yang dicairkan rangkap satu kali, sehingga total menerima satu juta dua ratus ribu rupiah per keluarga,” sambungnya.

“Pencairan dilakukan di seluruh loket layanan Bank Jateng terdekat se Kabupaten Blora, dengan membawa fotocopy KTP dan blangko pemberitahuan penerima BLT DBHCHT hasil verval yang sebelumnya sudah dibagikan melalui desa. Pencairan dilakukan mulai hari ini hingga Kamis nanti, kita beri alokasi 3 hari.

Khusus di Genjahan ini kita datangkan mobil layanan keliling Bank Jateng,” pungkas Indah.Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., usai memantau langsung penyaluran BLT DBHCHT, menyampaikan pesannya untuk para penerima agar dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif. “Semoga BLT DBHCHT dari pemerintahan pusat ini bermanfaat untuk para petani dan buruh tani tembakau, serta buruh pabrik rokok.

Dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi dan kebaikan BBM. Kita pastikan tidak ada potongan. Utuh satu juta dua ratus per keluarga, kita pantau langsung bersama forkopimda,” tegas Bupati.

Sementara itu, Saminten, salah satu buruh tani tembakau warga Dukuh Klampok, Desa Genjahan, Kecamatan Jiken, merasa senang menerima bantuan BLT DBHCHT di depan balaidesa yang diserahkan Bupati.

“Senang Pak, senang…. Karena kita ini buruh tani tembakau, ya nanti untuk beli beras. Maturnuwun Pak Bupati sudah hadir menyerahkan bantuan untuk kami,” ungkapnya singkat. Secara bergantian, para penerima manfaat mengantri melakukan pencairan BLT DBHCHT di mobil layanan kas keliling Bank Jateng yang diparkir depan Balaidesa Genjahan. (Ambar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.