Bambangan Cakil: Matinya Si Durjana karena Senjatanya Sendiri!

Penampilan peserta Festival Bambangan Cakil 2020 di Pendopo Kridha Manggala Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati Kabupaten Blora

LINTAS BLORA, BLORA- Pagelaran seni Festival Bambangan Cakil 2020 tak hanya merupakan wujud apresiasi dan pelestarian seni budaya semata. Lebih dari itu, tarian Bambangan Cakil menyimpan amanat dan pesan yang mendalam.

Seperti disampaikan tuan rumah Festival Bambangan Cakil 2020 yang juga Kepala Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati Kabupaten Blora, Sugiyono. Dirinya mengungkapkan, dalam tarian ini tersimpan pesan bahwa kebaikan akan selalu mengalahkan kejahatan.

Bacaan Lainnya

“Tarian Bambangan Cakil ditutup dengan adegan matinya Buto Cakil karena senjatanya sendiri. Senjata makan tuan. Pesan ini sangat penting untuk kita cermati dan amalkan dalam kehidupan kita,” ucapnya saat membuka acara hari kedua, Selasa (22/12/2020).

Tari Bambangan Cakil dibuka dengan adegan Arjuna atau Janaka yang tengah berjalan di tengah hutan. Tak di sangka, ksatria berparas rupawan ini dicegat para raksasa yang dipimpin seorang raksasa buruk rupa, Buto Cakil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.