Bersama Bank Jateng, Pemkab Blora Komitmen Bangun Sektor UMKM

LINTAS BLORA, BLORA KOTA – Jumat pagi (10/4/2021). Bertepatan dengan HUT (Hari Ulang Tahun) Bank Jateng yang ke 58, Bank Jateng Cabang Blora mengadakan acara Gowes Charity yang menempuh jarak sejauh 5 km dan dibuka oleh Bupati Blora, Arief Rohman S.IP, M.Si, dengan garis start di halaman kantor Bank Jateng di Jl. Pemuda Blora, dan finish di Kampung UMKM Blora. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM , Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Blora beserta para Kepala OPD.

Selepas Gowes Charity, dilanjutkan acara talkshow “Ngobrol Bareng Bupati” dengan tema “Bank Jateng siap Sesarengan mBangun Blora Bersama UMKM” di Kampung UMKM Blora. Momentum ini dimanfaatkan oleh Bupati bersama jajarannya untuk berdialog dan membangun komitmen bersama dengan Bank Jateng untuk memajukan UMKM di Kabupaten Blora.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Blora sebagai wujud dukungannya kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan terus berupaya menggandeng kalangan perbankan untuk melakukan pendampingan. Salah satunya adalah dengan Bank Jateng.

“Ini sebagai salah satu langkah dukungan pengembangan UMKM di Blora dengan menggandeng Bank Jateng, sesuai dengan tagline kita Sesarengan mBangun Blora,” ungkap Bupati.

Beliau juga mengungkapkan keinginannya untuk memajukan sektor UMKM dengan menggagas adanya paket oleh-oleh khas Blora.

“Kita ingin kedepan ada paket oleh-oleh khas Blora yang berisi berbagai produk unggulan UMKM. Bisa dikawal dan dibina oleh perbankan dan OPD teknis terkait. Jadi setiap ada tamu datang ke Blora tidak bingung cari oleh-oleh,” terangnya.

Selanjutnya menurut Arief Rohman bahwa di masa pandemi ini salah satu sektor yang masih bertahan adalah UMKM. Karena itu pihaknya menginginkan agar pendampingan yang dilakukan oleh Bank Jateng terhadap pelaku UMKM dapat terus ditingkatkan.

“Terima kasih atas peran dari Bank Jateng dalam memajukan UMKM Blora. kita harus mendukung keberadaan UMKM sebagai salah satu roda penggerak ekonomi kerakyatan, saya berharap, dukungan dari Bank Jateng kepada pelaku UMKM dapat terus ditingkatkan, baik dari sisi permodalan, pelatihan, dan lainnya,” ungkapnya.

Dengan demikian, Bupati menambahkan, cita-cita agar lahir entrepeneur-entrepeneur baru dari kalangan milenial dapat terwujud. Hal ini diyakini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Blora.

“Kita juga harus bisa mengajak pasar-pasar modern seperti alfamart dan indomart agar mau berkontribusi memajukan UMKM Blora dengan ikut memasarkan produk-produk UMKM,” harapnya.

Marsudi, Kepala Bank Jateng Cabang Koordinator Pati mengungkapkan bahwa Bank Jateng ikut memajukan sektor UMKM dan mikro di Jawa Tengah dengan cara membangun UMKM Binaan di setiap cabang sekaligus penyaluran KUR bagi para pelaku UMKM.

“Bank Jateng sudah membangun Kampung-kampung UMKM di setiap cabang se-Jawa Tengah. Hal ini dalam rangka turut serta secara aktif memajukan sektor UMKM di Jawa Tengah,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Arief Rohman mengungkapkan bahwa Pemkab Blora akan terus berinovasi demi kemajuan sektor UMKM di Blora. Agar lebih dikenal luas promosi – promosi produk UMKMpun akan lebih digencarkan

“Biasanya saya kalau dari luar kota selalu diberi oleh-oleh dengan kemasan-kemasan yang menarik. Nah ini mungkin bisa diterapkan juga di Blora. Jadi, ketika ada tamu berkunjung ke sini, kita beri oleh-oleh khas Blora. Hal ini akan menjadi media promosi yang efektif juga,” terang Arief Rohman.

Tri Nugroho, Kepala Bank Jateng Cabang Blora mengungkapkan bahwa Bank Jateng Cabang Blora sudah melakukan inovasi digital berupa aplikasi e-wallet, yaitu QRIS. Melalui QRIS, para pelaku UMKM dapat memasarkan produk-produknya sekaligus melakukan transaksi secara digital.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk dukungan kepada perekonomian daerah bahkan nasional,” jelasnya.(Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.