Bimtek Digital Bisnis, Ahmad Faishol,” Digital Bisnis Adalah Solusi “

LINTAS BLORA, BLORA KOTA – Jumat (12/3/2021). Bertempat di ruang pertemuan SMK  Al- Hikmah Desa Ngadipurwo Kecamatan Blora, Dinas Komunikasi dan Informatika  (Dinkominfo) bersama dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) menggelar bimbingan teknik (Bimtek) Digital Bisnis bagi Karang Taruna Desa Sendangrejo, Kecamatan Blora.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Blora, Ignatius Ary Soesanto, S.Sos, M.Si  yang mewakili  Kepala Dinkominfo Drs. Sugiyono, M. Si bahwa maksud dan tujuan diadakannya cara bimtek digital bisnis adalah untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan peserta bimtek dalam mengelola bisnis secara digital dengan memanfaatkan sarana Wifi yang dibangun Dinkominfo di beberapa titik. Untuk Kecamatan Blora, titik tersebut berada di Desa Sendangrejo, Desa Patalan, Desa Kamolan Dan Desa Jepangrejo, sementara untuk Kecamatan Tunjungan berada di Desa Keser.

Bacaan Lainnya

“Adapun tujuannya adalah mengedukasi sekaligus mendorong masyarakat desa Sendangharjo dan sekitarnya untuk dapat membangun bisnis secara digital seperti pada era sekarang,” terang Ignatius Ary Soesanto, S.Sos,M.Si.

Ignatius Ary Soesanto menerangkan bahwa di era yang serba online ini , mau tidak mau semua sistem bisnis konevensional beralih atau merambah dunia digital. Perdagangan di era digital sudah tidak mengenal batas negara dan waktu.

“Digitalisasi menjadi salah satu kunci dalam hal memperkuat merek (brand) agar tetap relevan dan terhubung secara kuat dengan pelangggan.Hal tersebut bakal berdampak pada penjualan dan pendapatan pelaku usaha,” jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, lanjutnya, dilaksanakannya Bimtek Digital Bisnis  dengan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora  yang  di latar belakangi  dari pemikiran para tokoh masyarakat Desa Sendangharjo dan sekitarnya untuk mengedukasi dan mendorong warganya untuk belajar dengan cara memberikan konten-konten yang relevan, mudah dipahami , dapat membantu bisnis mereka dan juga mendapatkan pelanggan- pelanggan baru sesuai dengan era sekarang ini.

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPRD Blora M. Ahmad Faishol, S, Th.I yang turut hadir dalam acara tersebut juga menyampaikan bahwa bonus demografi akan menjadi peluang bagi pelaku digital bisnis untuk mengembangkan usaha.

“Saya contohkan, ada seorang warga Blora, alumni UGM, namanya Mas Yoyok, telah berhasil mengembangkan digital bisnis hingga merambah pasar di dalam hingga luar negeri. Produk yang dijual adalah kerajinan jam kayu dari Blora,” ucapnya.

Hal itu, lanjutnya, sungguh luar biasa. Sebab mau tidak mau di era sekarang ini, masyarakat harus pandai mencari dan mengembangkan bisnis melalui teknologi.

“Dari rumah, sudah bisa mengembangkan usahanya. Jadi, digital bisnis adalah solusi,” tegasnya.

Sementara itu, acara yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini berlangsung tertib dan lancar. Para peserta bimtek cukup antusias mengikuti kegiatan dan paparan narasumber seperti yang disampaikan oleh Taufik Nurhidayat, S.Pd.  af/lb

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.