BUMDes “Sejahtera” Desa Brabohan Sukses Kembangkan Pupuk Kompos

LINTAS BLORA, SAMBONG – Dalam jangka waktu satu bulan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sejahtera Desa Brabohan Kecamatan Sambong berhasil memproduksi pupuk kompos. Kini produksi pupuk kompos yang sudah direncanakan sejak tahun 2017 lalu sudah bisa diperjualbelikan sejak tahun 2018. Sabtu (20/02)

Ketua BUMDes Sejahtera Sukardi ST. mengatakan, untuk BUMDes Brabohan ini ada 3 unit yaitu unit kompos, unit pinjaman, unit penggemukan sapi.
Ketua Unit Kompos BUMDes Sejahtera, Sarmidi mengatakan, produksi pupuk kompos dimulai tahun 2017 dengan bahan dasar kotoran ternak, sekam bakar, dan sampah daun-daunan. Setelah bisa memenuhi kebutuhan pupuk di desa, muncul inisiatif untuk menjual hasil produksi pupuk kompos tersebut diluar desa dengan cara online ataupun datang langsung ke desa Brabohan. “Untuk bahan pupuk kompos sendiri cukup mudah terjangkau di desa Brabohan, kita memanfaatkan kotoran ternak, sekam bakar dan sampah daun-daunan. sehingga bisa mengurangi sampah di desa Brabohan,” ujar Sarmidi Ketua Unit Kompos.

Bacaan Lainnya

Indarsih Kepala desa Brabohan mengatkan pesanan yang didapat selain dari desa tetangga, sampai ke luar Blora. Meningkatnya permintaan pada tahun ini disebabkan kegemaran ibu-ibu untuk menanam bunga.
“Alhamdulillah Untuk permintaan pupuk kompos selalu meningkat, apalagi saat ini banyak ibu-ibu yang gemar menanam bunga jadi permintaan konsumen meningkat,” ujar Indarsih Kepala desa Brabohan.

Indarsih menambahkan kegiatan produksi memang dilaksanakan setiap hari. Proses pembuatan memerlukan waktu panjang yakni mulai pengumpulan bahan, pencampuran, fermentasi, hingga akhirnya dalam waktu 14 hari pembuatan bisa dipanen. “Saya berharap produksi pupuk kompos yang melibatkan masyarakat brabohan ini mampu meningkatkan ekonomi warga setempat,” ujar Indarsih. (frst)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.