Bupati Arief Ajak Sesarengan Mengurangi Polusi Plastik di Blora

KPU

Lintas Blora – Di puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat K Kabupaten Blora yang dipusatkan di SMAN 2 Blora, Jumat (16/6/2023), Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si ajak semua pihak untuk sesarengan mengurangi polusi plastik di seluruh pelosok Blora.

Ajakan itu disampaikan di hadapan para siswa, guru dan tamu undangan lainnya yang hadir di acara. Dikatakan Bupati Arief, ajakan untuk sesarengan mengurangi polusi plastik di Blora tersebut, sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023. Yakni “Solusi untuk Polusi Plastik”.

Terkait dengan penanganan dan pengelolaan sampah, Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu mengatakan, Blora melakukannya dengan tata kelola sampah produktif, TPA dan rumah kompos.

‘’Dalam melaksanakan kebijakan-kebijakan tersebut diwujudkan dengan sosialisasi serta pendampingan pembentukan bank sampah di desa/kelurahan dan sekolah,’’ paparnya.

Selain itu juga melakukan pembangunan TPS 3R dan gedung bank sampah di beberapa desa/kelurahan dan pesantren, pembentukan program kampung iklim di beberapa desa/kelurahan. Termasuk pencanangan program semua sekolah menjadi sekolah Adiwiyata.

“Target kita meningkatkan lndeks Kualitas Lingkungan Hidup agar mendapatkan alokasi 10 persen DBH SDA dan mendapatkan penghargaan Adipura Kencana. Untuk itu mohon dukungan untuk melaksanakan kebijakan kami tentang lingkungan hidup,” ucap Mas Arief.

Ijo Royo-Royo

Disampaikan pula, Pemerintah Kabupaten Blora berkomitmen dalam melestarikan dan pengelolaan lingkungan hidup. Komitmen itu dituangkan dalam program kerja pengelolaan keanekaragaman hayati yang dilakukan dengan penataan lingkungan yang ijo royo-royo.

“Blora ini wilayahnya hampir setengahnya merupakan kawasan hutan. Untuk itu kami mempunyai program kerja berkomitmen terkait pengelolaan keanekaragaman hayati dilakukan dengan penataan lingkungan agar Blora tetap ijo royo-royo,” ucapnya.

Diketahui, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Blora yang dipusatkan di SMAN 2 Blora itu, diwarnai beberapa kegiatan. Diantaranya tumpengan sebagai wujud syukur, penyerahan komposter dan tempat sampah serta penanaman pohon sahabat air.

Adapun pemilihan tempat puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat kabupaten SMAN 2 Blora, disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Blora, Istadi Rusmanto, sebagai salah satu wujud dukungan Pemkab Blora terhadap SMAN 2 Blora yang merupakan sekolah Adiwiyata Nasional.

Dikemukakan, selain SMAN 2 Blora yang merupakan sekolah Adiwiyata Nasional, saat ini jumlah sekolah Adiwiyata di Kabupaten Blora ada 106 sekolah.

Terpisah, pada kesempatan itu, Kepala SMAN 2 Blora, Slamet Joko menyatakan, saat ini pihaknya terus berupaya untuk menjadikan SMAN 2 Blora menjadi sekolah Adiwiyata mandiri.(Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *