Goa Pawon, Harapan Destinasi Wisata di Desa Tanggel

LINTAS BLORA, RANDUBLATUNG – Terdapat keindahan dan keunikan di Dusun Ngasem, Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung. Selain Kedung Putri, dengan keindahan alam (sungai) yang masih alami dan belum tersentuh oleh investor, kini warga setempat memiliki harapan besar kedepannya Tanggel menjadi salah satu Desa Wisata, yaitu adanya Goa Pawon.

Selain bercocok tanam dan beternak, tempat tersebut memang sejak lama dimanfaatkan oleh penduduk untuk membuat pawon (tungku tanah liat).

Bacaan Lainnya

Dari tekstur tanah adalah bahan utama untuk membuat pawon dan juga mayoritas warga sekitar adalah penambang pawon jadi sampai sekarang dinamakan goa pawon, dan berbagai goa-goa yang terbentuk disana adalah bekas galian warga untuk mengambil bahan utama pembuatan pawon. 1 unit pawon yang dijual seharga dari mulai 25.000 sampai 100.000 tergantung tingkat kesulitan pembuatannya.

“Kita gandeng pemuda untuk bersama-sama mengelola tempat-tempat yang berpotensi menjadi destinasi wisata di Tanggel. Salah satunya Goa Pawon ini, manfaatnya sudah dirasakan warga sebagai penghasil pawon. Kedepan kita jadikan tempat wisata. Tapi kita juga harus menjaga alam, jangan sampai terlalu mengexplorasi, bahaya kalo tidak kita jaga,” tutur Sumaryanto, S.Pd.SD, Kepala Desa Tanggel.

Camat Randu (Budiman) dan Tim Penggerak PKK Kabupaten (Ibu Komang) juga telah meninjau langsung lokasi tersebut.

“Ini bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata, Khas dari Goa pawon sudah ada. Berupa karya atau pembuatan pawon oleh masyarakat menjadi icon dari tempat ini. Blora Selatan biar lebih ramai. Kami harap ini bisa dikawal sampai benar-benar menjadi tujuan wisata di Blora,” ucap Ibu Komang.

Budiman, Camat Randublatung pun mensupport rencana PemDes dan Pemuda Desa untuk memunculkan beberapa icon yang ada di Tanggel menjadi tujuan wisata yang ada di Blora. Khususnya Blora Selatan.

“Ayo, kita bersama-sama memajukan Desa ini. Jeruk Tanggel sudah tenar, ada keindahan Kedung Putri, ini ada juga Goa Pawon. Dirawat, dijaga. Jangan sampai ada kerusakan, biar kita bisa benar-benar mewujudkan destinasi wisata di Desa Tanggel,” tambah Budiman, Camat Randublatung. SM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.