Desa Nginggil, Terbaik Administrasi Meski Tanpa Perangkat Desa

  • Whatsapp

LINTAS BLORA, KRADENAN – Monitoring rutin yang dilakukan oleh Tim Monitoring Kecamatan Kradenan yang dilakukan di Desa Nginggil pada hari Kamis (18/3/2021) mulai pukul 13.00 WIB diperoleh bahwa pengelolaan administrasi keuangan Desa Nginggil di akhir 2020 dan awal 2021 sangat baik.

Hal ini merupakan hal yang menarik, mengingat Desa Nginggil tidak mempunyai Perangkat Desa sama sekali. Untuk tugas keseharian Kepala Desa dibantu oleh 2 orang staf yang sangat baik dalam kinerja maupun pemahaman penata usahaan serta aplikasi.

Bacaan Lainnya

Monitoring yang melibatkan Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas setempat berlangsung dengan baik dengan diawali pengecekan fisik infrastruktur dan dilanjutkan pengecekan administrasi.

“Monitoring ini bersifat pembinaan, kami hanya mengidentifikasi barangkali dalam penyusunan masih belum sesuai dan mencoba memahami kesulitan dalam penyusunan laporan. Kami memang hanya menargetkan tiga hal saja dari monitoring ini, yaitu pengelolaan administrasi keuangan dan kegiatan desa yang tertib, akuntabel dan tuntas. Sedangkan hal lain seperti sejauh mana manfaat dana desa bagi masyarakat atau mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kegiatan desa dan sebagainya belum kami ukur. Karena hal itu memerlukan telaah mendalam dan waktu yang panjang,” pungkasnya

“Dan catatan menarik ini, justru datang dari Desa Nginggil yang tidak mempunyai perangkat desa. Menurut catatan kami, meski masih banyak hal yang harus diperbaiki, sejauh ini Desa Nginggil merupakan desa yang paling tertib, akuntabel dan tuntas dalam administrasi keuangannya. Bukan berarti desa lain yang kami monitor belum baik, namun perlu ditingkatkan lagi pengelolaan administrasi keuangan dan kegiatan desanya. Semoga petugas aplikasi dan administrasi Desa Nginggil bisa dijadikan contoh yang baik di semua desa di Kecamatan Kradenan, sehingga kedepannya dapat bersama-sama menciptakan administrasi desa yang baik dan tertib di wilayah Kecamatan Kradenan,” kata Suwono, S.Ipem (Kasi. Pembangunan Kecamatan Kradenan)

Darno (Kepala Desa Nginggil) juga mengatakan, “Walaupun di Desa Nginggil kami tidak ada perangkat, kami berusaha bekerja sama dengan baik, antara bendahara, petugas aplikasi, petugas lapangan sama-sama bekerja dengan sebaik-baiknya untuk Desa Nginggil agar lebih baik.” (stw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *