Jelang Pemilu 2024, KPU Blora Gelar Sosialiasi Tahapan Pencalonan Anggota DPD

KPU

Lintas Blora – Sebagai rangkaian Pemilu 2024, tahapan pencalonan dan pendukung bakal calon perseorangan pemilu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tahun 2024 akan segera dimulai. Sejalan dengan itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora menggelar Sosialisasi Bertempat di Hotel Al Madina pada Selasa, 27/12/2022.

Hadir dalam acara ini Anggota KPU Kabupaten Blora, jajaran prokopimda, Bupati Blora, Kapolres Blora, Dandim, Ormas, wartawan, dan perwakilan mahasiswa Blora.

Pada sambutannya, Ketua KPU Blora, Mohamad Khamdun, melalui Komisioner KPU Blora M Syaiful Amri menyampaikan, bahwa sejauh ini prosesi persiapan pemilu 2024 sudah melalui beberapa tahapan. Terakhir sudah ditetapkan anggota PPA terpilih untuk tahun 2024 yang akan dilantik pada 4 Januari 2023 mendatang.

Saat ini sedang berjalan rekruitmen pembentukan badan penyelenggara di tingkat desa atau kelurahan (TPS) saat ini dalam proses pendaftaran. Kemudian tahapan lain yang sudah berjalan adalah penetapan partai politik peserta pemilu.
Ada 17 partai peserta pemilu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ahmad Solikin anggota KPU Blora menyampaikan terkait pencalonan anggota DPD sesuai dengan terkait berapa dukungannya, sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 untuk Jawa Tengah yang JPTnya sebanyak 27.650.178 pemilih, maka posisinya masuk di atas 15 juta. Otomatis, dukungan minimalnya adalah sebanyak 5.000 orang,” jelasnya.

Dia melanjutkan, karena di Jawa Tengah ada 25 kabupaten, 35 kabupaten kota, maka minimal sebarannya ada di 18 kabupaten.

Pertama yaitu penyerahan dan verifikasi dukungan, kalau calon DPD sudah memenuhi selanjutnya adalah pendaftaran, Setelah itu prosesnya akan menjadi Daftar Calon Sementara (DCS), dan yang terakhir adalah Daftar Calon Tetap (DCT),” jelas Ahmad.

Dengan begitu, harapannya informasi ini menjadi bagian sosialisasi sehingga masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai Anggota DPD sudah mulai bekerja. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *