Kabupaten Blora Terima Penghargaan Swasti Saba Padapa Dari Kemenkes

KPU

Lintas Blora – Lagi prestasi membanggakan diraih Kabupaten Blora di bidang kesehatan.  Kali ini Blora berhasil menyabet predikat kabupaten sehat tahun 2023, dan atas prestasi itu Bupati Blora, H. Arief Rohman memperoleh penghargaan Swasti Saba Padapa atau penghargaan “Kota Sehat” dari Kementerian Kesehatan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri  Kesehatan, Budi G. Sadikin, di 

Di Kempinski Grand Ballroom Grand Indonesia West Mall, Jalan Kebon Kacang Raya, Blok D 6 Jakarta Pusat, Selasa (28/11/23) malam.  

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan merasa bangga mendapatkan penghargaan ini. Penghargaan ini hasil kerja keras kita semua untuk masyarakat Blora. Untuk itu, mari kita tingkatkan berbagai kegiatan dan program di bidang kesehatan,” ujar Bupati Arief Rohman. 

Hal senada dikemukakan oleh Kepala Dinkes Blora, Edy Widayat. Dia menyatakan bersyukur atas prestasi itu,  ‘’ini semua hasil kerja keras sesarengan berbagai pihak terkait,’’ tandasnya, Rabu (29/11/23). 

Dikemukakan, Kabupaten Kota Sehat (KKS) adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Hal itu  dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Ada sembilan tatanan yang dinilai untuk mendapatkan penghargaan kabupaten sehat, lanjut Edy Widayat. Kesembilan tatanan itu, diantaranya kawasan pemukiman, sarana prasarana umum serta sarana lalu lintas dan pelayanan transportasi. Selain itu, kawasan pertambangan sehat, hutan sehat, industri dan perkantoran sehat serta pariwisata sehat. 

Begitu pula, kawasan pangan dan gizi kehidupan masyarakat sehat dan mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.  ‘’Penghargaan ini harus terus dipertahankan karena kehidupan layak dan sehat merupakan hak semua orang,’’ tambah Edy Widayat. 

Tercatat, sejumlah kabupaten di Jawa Tengah meraih penghargaan serupa. Yakni Pemalang, Banyumas, Brebes, Kudus, Temanggung, Wonosobo, Pati, Grobogan, Klaten, Jepara, Sragen, Boyolali, Banjarnegara. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *