Kecamatan Randublatung Gelar Rakor Pelaksanaan Persiapan Hari Raya Idul Fitri

LINTAS BLORA, RANDUBLATUNG – Menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Blora Nomor 003/697/2021 tanggal 5 April 2021 perihal Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid 19 di kabupaten Blora. Forkompimcam bersama Dinas/Instansi, Kades/Lurah dan Tokoh agama di Kecamatan Randublatung mengadakan Rapat Koordinasi terkait Persiapan Pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Fitri 1432 H, yang bertempat di Pendopo Kecamatan Randublatung.

Dalam rapat tersebut Camat Randublatung Budiman, SSTP, MM menyampaikan hasil Rapat bersama Forkompinda yang sesuai dengan Surat Edaran Bupati Blora tersebut. “Kami meminta saran dan usul dari masing-masing peserta rapat yang hadir pada hari ini, karena lebaran tahun ini kita masih dalam situasi pandemi,” tambah Budiman.

Bacaan Lainnya

Dari Puskesmas Randublatung yang disampaikan oleh Dr. Didik Wedo Nurdoyo menyampaikan bahwa untuk warga Kecamatan Randublatung yang berada di wilayahnya masih ada sejumlah 13 orang yang masih dalam pengawasan. “Untuk itu, kami himbau agar warga masyarakat agar selalu waspada dan tetap untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Kepala KUA Randublatung pun menambahkan, menyampaikan himbauan dari Kepala Kankemenag Blora bahwa dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri tidak dianjurkan adanya takbir keliling serta pembagian zakat fitrah pendistribusiannya tidak berkerumun, khotbah hari raya Idul Fitri hanya dianjurkan maksimal 20 menit.

Dari semua saran dan usulan dari masing-masing dinas, tokoh agama dan takmir masjid ditanggapi oleh Kapolsek Randublatung AKP Wismo bahwa sesuai perintah Kapolres dan Himbauan Bupati Blora bahwa Untuk kegiatan takbir keliling tidak dianjurkan hanya takbir di masjid / mushola dengan tetap mematuhi protokol kesehatan serta tidak di ijinkan pelaksanaan kegiatan baik sebelum maupun sesudah sholat Ied yang bersifat hiburan karena akan mendatangkan kerumunan.

“Sebelum pelaksanaan kegiatan sholat Idul Fitri agar dilaksanakan woro-woro keliling untuk mengingatkan kepada warga masyarakat terkait pelaksanaan sholat Ied dan tetap mematuhi protokol kesehatan serta ikut menitipkan pesan kepada semua takmir Masjid agar setiap kegiatan sholat berjamaah untuk diadakan do’a bersama agar pandemi covid-19 segera hilang dari negeri ini,” ujar Kapten CHB Sudiyono. red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.