KPU Kabupaten Blora Lakukan Uji Publik Rancangan Penataan Dapil Pemilu 2024

KPU

Lintas Blora – KPU Kabupaten Blora lakukan uji publik rancangan penataan dapil Pemilu 2024. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Blora melakukan uji publik terhadap tiga usulan rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Blora untuk Pemilu 2024. Acara dilaksanakan di Rumah Makan Saung Mekar Sari. Kamis, 15/12/2022.

Ketua KPU Kabupaten Blora Hamdun mengatakan bahwa uji publik bertujuan untuk mendapatkan saran serta masukan melalui diskusi bersama berbagai unsur masyarakat terkait dengan rancangan dapil tersebut, baik partai politik, akademikus, maupun perseorangan.

Dari kegiatan uji publik, kami secara bersama mengujikan masukan atau tanggapan dari teman-teman media,LSM . Masukan tersebut kami tampung, diskusikan, diuji publik, kata dia.

Kemudian Ketua KPU Blora ini menjelaskan dapil dipertengahan akan ditetapkan KPU RI.

Hal ini Berdasarkan rancangan kita jumlah dapil ada 5, komposisi perkecamatan tetap ,jumlahnya tetap 45 kursi.
Namun nanti akan ada pergeseran dapil tiga tambah satu. Dapil empat kurang satu.” sebutnya.

Diketahui penambahan kursi dapil 3 yakni Kecamatan Kedungtuban, Cepu dan Sambong.

Kenapa begitu menurutnya ada penambahan jumlah penduduk dari tahun 2017 ke 2022.

Penambahan jumlah di dapil tiga itu jauh lebih besar dari pada dapil yang lain. Sehingga, mempengaruhi komposisi penduduk perdapilnya.” ujarnya.

Namun masyarakat tidak mengakses sarana sarana sosialisasi yang sudah di buat KPU. Meskipun begitu, ia menyadari website KPU pengikutnya tidak banyak.” keluh Ketua KPU Blora tersebut.

Sosialisasi ini terus dilakukan, bahkan Ia mengklaim, untuk rancangan dapil pihak KPU sudah diumumkan melalui website, papan pengumuman dan medsos KPU. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *