Mendag Siap Bantu Untuk Pembangunan Kembali Pasar Ngawen Yang Terbakar

KPU

Lintas Blora – Di sela-sela kunjungan kerja ke Cepu, Blora, Jawa Tengah, Minggu (21/1/2024), Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, nyatakan siap membantu untuk membangun kembali Pasar Ngawen, Blora, yang baru-baru ini terbakar. 

Pernyataan Mendag untuk siap membantu itu, setelah Bupati Blora, H. Arief Rohman yang mendampingi Mendag  Zulkifli saat meresmikan pasar induk Cepu, melapor tentang Pasar Ngawen yang terbakar.

Disampaikan Bupati Arief, disela-sela Mendag resmikan pasar induk Cepu yang dibangun dengan anggaran Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan tahun 2023, sebesar Rp 3 Miliar, dimulai sejak 1 September hingga 29 Desember 2023,  adanya kebakaran Pasar Ngawen yang terjadi Selasa, 9 Januari 2024 lalu.

Dijelaskan Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu, titik kebakaran Pasar Ngawen, ada di Blok A sampai Blok X dan Blok Z. Akibatnya ada 800 lapak pedagang los, 150 lapak pedagang pelataran dan   60 Kios hangus, serta 71 kios terdampak rusak berat dan ringan. Taksiran kerugian akibat kebakaran tersebut sebesar Rp30,699 Miliar. 

Atas laporan itu, Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, menyatakan siap membantu dan memfasilitasi rekomendasi agar dibangunkan kembali. Hanya saja, dia juga meminta Bupati Blora untuk dapat melapor langsung kepada Presiden Jokowi yang berencana akan berkunjung ke Blora Selasa (23/1/2024).

“Besok Bapak Presiden akan datang, nanti Pak Bupati lapor juga. Nanti bikin surat kepada kami dan saya akan minta ke PU (Kementerian PUPR). Ini yang ngebangunnya PU, semoga tahun ini nanti bisa segera dibangun,” terang Zulhas.

Pantau Harga

Sementara itu, dalam kunjungan kerjanya di Blora, selain meresmikan pasar Induk Cepu, Mendag dengan didampingi Bupati H Arief Rohman bersama Forkompimda juga menyempatkan dialog dengan pedagang pasar sekaligus melihat harga kebutuhan pokok yang ada di pasar setempat.

Bupati Arief Rohman menyatakan, sangat bangga mendapatkan kepercayaan untuk menerima kunjungan kerja Menteri Perdagangan dalam rangka Peresmian Pasar Cepu Induk. Disampaikan, di Pasar Induk Cepu secara keseluruhan ada 600 pedagang, dengan jumlah kios sebanyak 107 kios. Selain itu juga  los baru sebanyak 2 unit dan los lama sebanyak 2 unit, dimana tiap unit los menampung 256 titik.

Tentang kunjungan kerjanya di Blora, Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, meskipun di masa kampanye, sesuai perintah Presiden Joko Widodo, para menterinya harus tetap fokus bekerja memperhatikan keperluan dan kepentingan masyarakat. Apalagi terkait dengan ketersediaan bahan pokok (bapok) dengan harga yang terjangkau.

“Nah, saya Minggu (21/1/2024) pagi ini bersama Bupati meresmikan pasar. Sekaligus juga akan mengecek harga-harga dan ketersediaannya. Karena itu yang paling penting memperhatikan kepentingan masyarakat, apalagi bahan pokok itu yang utama. Ini perintah Bapak presiden kepada seluruh menteri yang ada,” jelas Zulhas.

Usai meresmikan pasar, Mendag bersama Bupati dan forkompimda mengecek harga sembako di pasar induk cepu. Saat pengecekan, diketahui harga cabai terpantau 38.000 / Kg, bawang merah diharga 35.000/Kg, sedangkan harga ayam diharga 40.000 / ekor. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *