OSIS SMKN 1 Jati Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

  • Whatsapp

LINTAS BLORA, JATI – Senin (12/04/2021), bertempat di aula sekolah, SMK Negeri I Jati mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus OSIS 2021. LDK pada tahun ini berbeda dengan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) pada tahun-tahun sebelumnya. Di karenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan LDKS di luar sekolah. Diikuti kurang lebih 30 orang siswa dan siswi SMKN 1Jati, dan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat.

Menurut Arifin Spd, Kesiswaan SMKN 1 Jati, Program LDKS ini adalah program tahunan yang diikuti oleh pengurus OSIS siswa siswi SMKN1 Jati. Karena dengan kegiatan LDKS ini diharapkan tumbuh kesadaran dan kemandirian siswa terkait berbagai hal selama menjadi seorang pelajar.

Bacaan Lainnya

“Mereka terpilih menjadi pengurus OSIS melalui seleksi yang begitu ketat, harus bersaing demi cita-cita yang luhur. Karena tidak sembarang siswa bisa menjadi pengurus osis, siap meluangkan waktu, siap jadi teladan, siap disiplin, siap jadi pemimpim, siap untuk mandiri dan banyak lagi lainnya,” tuturnya.

Dalam penyampaian materi yang disampaikan oleh Kasium Polsek Jati Aipda Prayitno, dijelaskan pula betapa pentingnya LDKS untuk siswa siswi terutama pengurus OSIS.

“LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) merupakan wadah bagi siswa siswi untuk belajar meningkatkan karakter kepemimpinan. Dalam pelaksanaan LDKS periode ini kami mengusung motto “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berintelektual dan Memiliki Integritas dalam Berorganisasi”. Sebagai calon pemimpin masa depan yang ingin membentuk karakter kepemimpinan dapat memperkuat solidaritas antar anggota serta menjadi pemimpin yang berorientasi pada teknologi.” Ujarnya.

Sementara itu, Ketua OSIS SMKN 1 Jati, Muhammad Tegar juga menyampaikan bahwa harus diakui masih bnayak para siswa yang masih bergantung pada orangtuanya dari hal yang terkecil hingga kepada hal yang sebenarnya bisa dipersiapkan sendiri dan makin lama ketergantungan ini akan menjadi penyakit yang sulit dihilangkan. Untuk itu kemandirian adalah salah satu hal yang layak diperjuangkan salah satunya dengan cara aktif di OSIS.

“Sedangkan bagi siswa kalangan menengah kemandirian adalah sesuatu hal yang perlu di perjuangan, salah satu sarana yang tepat adalah aktif di organisasi ( OSIS)  Kita  masih ingat betul  bahwa orang tua  mengajarkan kemandirian melalui tugas harian.  Disamping itu dengan sifat kemandirian, kedisiplinan, tanggungjawab serta berahklakul karimah akan mengantarkan siswa menata masa depan yang cemerlang. Siap jadi siswa yang beradab dan berprestasi, maju bersama hebat semua.” terangnya. SM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *