Peduli Lingkungan, Kalur Tambahrejo Ajak Karang Taruna Tanam 100 Pohon

KPU

Lintas Blora – Sebagai upaya melestarikan alam dan program penghijauan, Karang Taruna Kelurahan Tambahrejo, Kecamatan Blora  melakukan aksi peduli lingkungan dalam bentuk penanaman pohon 100 bibit di bantaran sungai lusi tepatnya di sekitar lapangan bola bangking setempat pada Minggu (15/01/2023).

Ketua Karang Taruna Tambahrejo Mey Hendra Eka Saputra menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan adalah reboisasi pohon palem di sekitar lapangan sepakbola dan pohon trembesi dan waru mencegah tanah longsong dan banjir di bantaran sungai lusi,” ucapnya.

Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan tanam pohon sebanyak 100. Kegiatan ini didukung oleh Kelurahan Tambahrejo.

Penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai jelas bisa menjadi ekosistem dalam menjaga kelestarian. Serta bertujuan sebagai daerah serapan air. Termasuk dari bencana banjir dan tanah longsor yang mengakibatkan aliran sungai rusak.

Ia menjelaskan, bibit pohon yang ditanam ini jenisnya bermacam-macam, di antaranya Pohon Palem, Pohon Trembesi dan Pohon Waru.

Pihaknya berharap dengan aksi penanaman bibit pohon ini timbul kesadaran masyarakat terhadap penghijauan yang masih kurang. “jadi, mari bersama-sama menjaga dan meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan,” imbuhnya.

Menurut Kalur Tambahrejo Kecamatan Blora Marthin Ukie Andhana, SE, M.SI, mengapresiasi kegiatan yang di gagas oleh karangtaruna karena sebagian rumah di sepanjang bantaran aliran sungai lusi yang kena dampak longsor.

Menanam pohon adalah investasi jangka panjang yang dapat meningkatkan ekosistem. Selain itu, pohon dapat digunakan untuk memaksimalkan keteduhan.

Penanaman pohon ini bentuk dukungan kami akan kesadaran ekologis melalui kegiatan tanam pohon. Dan saya yakin ketika tumbuh subur nantinya yang menikmati adalah masyarakat,” pungkasnya. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *