Pelatihan Olahan Makanan Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga Sambongrejo

LINTAS BLORA, TUNJUNGAN – Desa Sambongrejo Kecamatan Tunjungan melaksanakan kegiatan pelatihan olahan makanan dalam rangka Kegiatan pemberdayaan usaha mikro yang dilakukan melalui pendataan, kemitraan, kemudahan perizinan, penguatan kelembagaan dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan Senin (18/1/2021).

Siswadi Kepala Desa Sambongrejo menjelaskan tujuan diadakannya acara ini untuk Ibu-ibu yang ingin meningkatkan ekonomi mereka maka dilakukan pelatihan olahan makanan yang nantinya Ibu-ibu dapat membuat dan bisa menjualnya. Selain itu, Ibu-ibu juga bisa kreatif dan tidak hanya menjadi ibu rumah tangga saja.

Bacaan Lainnya

“Tujuan acara ini agar ibu-ibu bisa membuat olahan makanan kering atau basah yang bisa dijual untuk meningkatkan ekonominya. Dan juga ibu-ibu bisa kreatif dan tidak hanya menjadi ibu rumah tangga saja,” jelasnya.

Dalam acara ini desa yang mengajukan kepada Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah ( DINDAGKOPUKM) untuk melakukan pelatihan olahan makanan. Nursa’adah Siswanto Ketua TP PKK Desa Sambongrejo menambahkan bahwa jenis makanan yang diolah sudah ditentukan oleh DINDAGKOPUKM serta alat, bahan dan tutor. Untuk hari pertama peserta membuat kue lumpur dan kue zebra.

“Ini dari desa mengajukan kepada DINDAGKOPUKM untuk melakukan kegiatan ini. Untuk jenis makanan sudah ditentukan serta bahan, alat, dan tutor semua disediakan oleh DINDAGKOPUKM. Untuk sekarang peserta membuat kue lumpur dan kue zebra,” ujar Nursa’adah Siswanto.

Untuk kedepannya Siswadi akan membuat ruko agar warga Desa Sambongrejo bisa mandiri. Nantinya ruko akan disediakan oleh desa, bagi warga yang ingin berjualan dapat menggunakan ruko tersebut dengan bijak.

“Untuk kedepannya desa akan menyediakan ruko bagi warga agar bisa mandiri. Ruko tersebut bisa dijadikan tempat jualan untuk warga Desa Sambongrejo,” pungkasnya. (Aulia/Dwina)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.