Pembekalan PPKM MIKRO di Kecamatan Jati, untuk Penanganan Pencegahan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan

LINTAS BLORA, JATI – Senin (15-02-2021) Kecamatan Jati melaksanakan kegiatan pembekalan secara virtual di pendopo Manggala Praja. Peserta yang dihadiri oleh pihak Kepolisian, TNI, Satpol PP, dan juga satgas Covid-19 tingkat desa menerima materi dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah guna membahas pembentukan PPKM Mikro di tingkat Desa dan Kelurahan.

PPKM Mikro adalah kependekan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro yang diterapkan pemerintah pada 9-22 Februari 2021.

Bacaan Lainnya

Aturan PPKM Mikro ini diterbitkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, melalui Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021 terkait penanganan virus corona (Covid-19).

Pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan dalam rangka pengendalian infeksi virus corona juga disebut dalam instruksi ini.

Soal PPKM Mikro (Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat), Pemerintah Kecamatan Jati, membangun pos komando (posko) penanganan Covid-19 di setiap desa selama pembatasan tersebut. “Hal itu kami lakukan untuk memantau pergerakan kasus Covid-19 di setiap desa. Jadi mulai dari RT, RW hingga desa pertumbuhan kasus akan terpantau,” kata Ir. Bambang Edi Sutomo, M.Si.

Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Jati, sekaligus Sekretaris Kecamatan Jati itu menyebutkan bahwa adanya posko penanganan Covid-19 di setiap desa bertujuan untuk memantau pergerakan data Covid-19 di wilayah, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPKM Berbasis Mikro.

Dalam instruksi Mendagri tersebut, pemerintah di tingkat daerah wajib memfasilitasi berdirinya posko penanganan Covid-19 di setiap desa maupun kelurahan.

“Posko Covid-19 di desa melibatkan TNI, Polri, tokoh agama, dan unsur relawan lainnya,” Imbuh Camat Jati.

Dibutuhkan sinergitas dari tingkat kecamatan hinga RT/RW untuk mengawal pencegahan penularan Covid19 di wilayah kecamatan Jati. SM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.