Pendamping PKH Kecamatan Jati, TKSK, dan BRI salurkan KKS untuk Keluarga Penerima Manfaat

LINTAS BLORA, JATI – Sebanyak 3.202 Kartu ATM BRI (KKS) telah dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT PKH ataupun BPNT Non PKH di Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Penyaluran yang dimulai dari hari Rabu sampai dengan hari Kamis (10/02/2021 s.d 11/02/2021) berjalan lancar dan kondusif.

“Kita targetkan, penyaluran KKS bisa selesai dalam waktu dua hari, karena kita masih akan mendeteksi KPM yang masih belum tercetak ATMnya,” tegas Bismo sebagai Koordinator dari BRI, dalam RaKor bersama dengan Camat Jati, Sekacam, KasiKeSos, Pendamping PKH, dan juga TKSK.

Bacaan Lainnya

Sebelum memulai penyaluran, RaKor Internal juga dilaksanakan oleh pendamping diikuti TKSK. Untuk menyusun strategi agar penyaluran bisa terselesaikan sesuai dengan target dan jadwal yang sudah ditentukan oleh BRI.

“Kami bagi sesuai dampingan dihari pertama, kemudian dihari kedua kita bagi secara acak. Karena 12 Desa, hanya ada 8 pendamping saja, jadi yang 4 Desa kita acak Petugasnya. Kami berpesan, untuk semua pendamping dan TKSK, berkoordinasi yang bagus dengan Desa dan Perangkat, tetap menjaga Protokol kesehatan. Semua penerima wajib pakai masker, begitu juga kita sebagai petugas,” tambah Aprilianawati, Koordinator PKH Kecamatan Jati.

KPM yang sebelumnya menggunakan ATM BNI sejak 2016 hingga akhir 2020, kini beralih ke BRI. Harapannya, jika ada kendala PIN terblokir atau ATM hilang bisa lebih mudah untuk memperbaiki. Karena BRI memiliki unit di setiap Kecamatan.

“Bukan berarti di BNI sulit ya, tapi kasihan KPM kalo mengurusnya sampai ke Randublatung, Cepu, atau bahkan ke Blora, terlalu jauh,” ucap Siswo.

Bukan tanpa kendala, banyak nama yang berbeda dalam pengambilan KKS, selain cuaca yang sering hujan, terutama untuk desa-desa yang masuk kawasan hutan.

“Untung koordinasi Dengan Desa cukup baik, jadi KaDes dan SekDes tetap ngantor sampai penyaluran selesai, untuk membuatkan surat keterangan bagi KPM yang beda nama. Tapi bukan asal membuatkan surat, kita pastikan kalau itu memang benar KPM, baru dibuatkan surat keterangan beda nama, kalau cuaca yang sering hujan begini ya sudah jadi resiko untuk saya, tapi tidak jadi halangan,” tutur Ahmad Pendamping PKH Desa Kepoh. Sore ini, semua KKS bagi KPM yang sudah tercetak sudah tersalurkan. SM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.