Penghargaan Bagi Desa Lunas PBB-P2 Pemkab Blora

KPU

Lintas Blora – Pemerintah Kabupaten Blora memberikan Penghargaan kepada wajib Pajak Bumi Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) terbaik tingkat Kabupaten Blora yang telah melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak PBB P2 tahun 2023.

Penghargaan diberikan kepada 51 Kepala Desa wajib pajak lunas tahun 2023 di Kabupaten Blora oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si didampingi Kejaksaan, dan Kepala BPPKAD Blora, Selasa (30/05/2023) di Pendopo Bupati Blora.

Bupati Blora menyambut baik adanya penghargaan tersebut, pihaknya mengapresiasi para kepala desa yang PBB nya telah lunas sesuai dengan target.

“Terimakasih untuk bapak ibu kepala desa, semoga bermanfaat karena ini kembalinya PBB ini adalah untuk PAD. Sehingga PAD kalau besar nantinya juga akan kembali lagi ke bapak ibu semuanya,” ujarnya.

Bupati juga meminta agar jajaran camat untuk mengidentifikasi kaitannya dengan pajak-pajak yang masih menunggak dan belum dibayarkan.

“Ini berita gembiranya yang sudah lunas semua, tapi ada juga yang masih belum lunas bahkan masih nunggak. Ini yang nunggak kemarin dari Kejaksaan dari Inspektorat menyampaikan, ini karena apa,” terangnya.

“Bapak ibu camat sebelum nanti APH masuk saya minta diidentifikasi ini menunggak karena apa, daripada nanti APH masuk, lebih baik preventif dari sekarang tolong ini segera dikonsolidasi untuk desa-desa yang masih nunggak ini penyebabnya apa,” tegasnya.

Bupati juga mendorong agar camat-camat nantinya benar-benar memperhatikan capaian pajak PBB di daerahnya, sekaligus sebagai bentuk capaian kinerjanya.

Sementara itu Kepala BPPKAD Kab. Blora, Slamet Pamuji, SH., M.Hum., menjelaskan bahwa pemberian penghargaan ini sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada kades dan lurah dalam mengumpulkan pajak khususnya PBB P2.

“Penghargaan PBB P2 terbaik tingkat Kabupaten Blora tahun 2023 dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi para kolektor dalam hal ini kepala desa, lurah, dan petugas pemungut PBB P2 yang ditunjuk,” papar Slamet Pamuji.

Pada kesempatan tersebut, penghargaan diberikan kepada desa yang sudah lunas PBB P2 dan sesuai kriteria yang ditentukan.

Slamet Pamuji berharap, dengan adanya penghargaan ini mampu menjaga spirit wajib pajak, sehingga aktif berperan dalam pembangunan Kabupaten Blora.

“Kemudian, menjadikan wajib pajak terbaik sebagai panutan bagi masyarakat agar lebih sadar pajak, serta memberikan informasi yang transparan tentang perkembangan pendapatan daerah dari sektor pajak,” pungkasnya.

Untuk data desa lunas maret 2022 sebanyak 82 desa dengan total penghargaan Rp. 297 juta dan untuk tahun 2023 sebanyak 51 desa dengan total penghargaan Rp.243 juta. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *