Peresmian Bank Sampah “Sumber Abadi”

LINTAS BLORA, CEPU – Bertempat di Balai Desa Sumberpitu dan dengan mengedepankan protokol kesehatan, peresmian bank sampah “Sumber Abadi” oleh pemerintah Desa Sumberpitu berjalan lancar. Selasa, 9 Maret 202.

Adapun tujuan di dirikannya bank sampah “Sumber Abadi” ini  untuk memastikan warga Desa Sumberpitu agar selalu senantiasa memperhatikan kebersihan, kenyamanan dan kesehatan lingkungan. Selain itu mampu memanfaatkan sampah menjadi bernilai ekonomi. “Dalam kegiatan ini kami turut mengundang dinas yang membidangi yaitu DLH Blora, Puskesmas Ngroto selaku pembimbing, Tim PKK Desa Sumberpitu, serta Pengelola bank sampah yang sudah berjalan sebagai pemateri dari Desa Wado Kecamatan Kedungtuban,” tutur Rusmanto, Kepala Desa Sumberpitu dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dijelaskan pula oleh Kepala Desa, mengingat pentingnya permasalahan kesehatan di Desa Sumberpitu, pemerintah desa memfokuskan pada penanganan sampah sehingga keberadaan bank sampah ini sangat diperlukan, karena selain sebagai gerakan kesehatan juga mampu memberi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat. “Jadi bank sampah itu memang penting, selain berfungsi manfaat untuk lingkungan juga ada nilai tambah ekonomisnya. Seperti botol plastik, kardus bisa dibawa ke desa dan dimasukkan bank sampah,” ucapnya.

Menutup sambutannya Kepala Desa menerangkan, bahkan untuk memudahkan dan mengefektifkan pengelolaan bank sampah, nantinya setiap warga yang hendak melakukan pelayanan di desa diwajibkan untuk membawa sampah rumah tangganya agar ditukar dengan point rupiah yang bisa diambil dikemudian harinya. af/lb

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.