Pesona Embung Kedung Sambi Klopoduwur

LINTAS BLORA, BANJAREJO – Kamis (01/04/2021), Embung Kedung Sambi merupakan wisata alam yang terletak di Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo. Embung ini sengaja dibangun sebagai penyedia air bagi suplai irigasi sawah penduduk sekitar disaat musim kemarau.

Pengertian embung atau tendon air sendiri, seperti dikutip dari laman IndonesiaBaik.id, merupakan waduk berukuran mikro di lahan pertanian yang dibangun untuk menampung kelebihan air hujan. Secara operasional embung berfungsi mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan pasokan air untuk keperluan tanaman ataupun ternak dimusim kemarau dan mencegah banjir dimusim penghujan.

Bacaan Lainnya

Belakangan ini Embung Kedung Sambi ramai dikunjungi para wisatawan, khususnya kalangan anak muda. Karena lokasinya yang indah dengan pemandangan hamparan air dan pepohonan, serta udara yang sejuk ditambah suara gemercik air yang menenangkan, membuat mereka betah berkunjung.

Selain karena pemandangan nya yang indah, para wisatawan yang berkunjung suka sekali ber swafoto atau selfi di sekitar jembatan Embung Kedungsambi, Karena jembatannya yang cantik di hiasi dengan hiasan tugu kecil- kecil dan diberi hiasan rantai.

“Setiap harinya hampir kurang lebih 100 pengunjung yang datang untuk berwisata di Embung Kedung Sambi ini, kebanyakan dari mereka adalah penggowes sepeda. Pengunjung datang kesini untuk berselfi dan menikmati suasana embung Kedung sambi ini” ujar Duwi Purwati salah seorang warga yang ditemui oleh reporter Lintas Blora.

Usia Embung Kedung Sambi ini sendiri baru sekitar satu tahunan, selain bertujuan untuk irigasi dan wisata alam, pembangunan embung ini juga dimaksudkan sebagai lokasi budidaya dan pelestarian ikan dan tanaman. Salah satu tanaman yang saat ini dibudayakan adalah melon. Diharapkan adanya embung ini dapat meningkatkan hasil pertanian dan memajukan pergerakan ekonomi penduduk sekitar. Tentu juga untuk pelestarian alam.

“Harapan kedepannya semoga Desa Klopoduwur semakin maju dan berkembang, banyak yang melestarikan alam, menjaga alam agar tetap bersih dari sampah, dan sukses selalu”. Ujar Zainuddin MZ ketua Karang Taruna Desa Klopoduwor.(Aulia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.