Pramuka SMARANSA Membuat Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Bonggol Pisang

  • Whatsapp

LINTAS BLORA, RANDUBLATUNG – Dalam rangka mengisi kekosongan waktu di tengah pandemi Covid-19. Pramuka SMA Negeri 1 Randublatung Mempraktekkan pembuatan Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Bonggol Pisang. Sabtu, (13/03/2021).

Kegiatan pembuatan Pupuk Organik Cair ini dilaksanakan di lapangan SMA Negeri 1 Randublatung, Dengan semangat kolaboratif dan semangat eksploratif mereka tuangkan, menjadi sebuah karya inovasi yang harapannya bisa menarik perhatian bagi kalangan muda untuk cinta lingkungan.

Bacaan Lainnya

Inisiatif ini muncul ketika mereka melihat banyaknya bonggol pisang yang ada di sekitar sekolah. Akhirnya muncul keinginan untuk bereksperimen dan mengolah bonggol pisang menjadi sebuah produk Pupuk Organik Cair yang bisa di manfaatkan untuk penyedia nutrisi bagi tanaman dan membantu kelancaran penyerapan unsur hara oleh akar tanaman.

“Pandemi Covid 19 ini sudah hampir 1 tahun, dan ketika kita hanya mengandalkan kegiatan belajar dengan virtual tentunya kita akan mengalami kejumudan dan kejenuhan. Maka dengan kegiatan ekplorasi lingkungan yang di ikuti beberapa perwakilan pramuka ini harapannya bisa memberi pengalaman tersendiri bagi teman-teman. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan kami mencoba mengawali untuk bereksperimen memanfaatkan bonggol pisang yang ada di lingkungan sekitar. Kita olah menjadi Pupuk Organik Cair yang harapannya bisa di manfaatkan untuk merawat tanaman yang ada di sekitar kita,” tutur Koordinator Kegiatan/ Silky Amrani Syah Mayana)

“Konsep kegiatan ini tidak hanya diisi dengan hiburan, akan tetapi Nalar berinovasi dan Nalar untuk bereksperiment mereka perlu kita kembangkan. Dengan pembuatan Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Bonggol Pisang ini harapannya, tidak sekedar di manfaatkan untuk kebutuhan pribadi tapi bisa disebar luaskan untuk kalangan yang lebih luas,” pungkas Didik Irawan Pembina Pramuka. red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *