Puskesmas Ngroto Adakan Kelas Ibu Hamil Ditengah-tengah Pandemi

LINTAS BLORA, CEPU – Kelas Ibu Hamil Desa Nglanjuk Kecamatan Cepu yang diselenggarakan oleh Perawat, bidan dan Dokter internship Puskesmas Ngroto pada hari Selasa, 2 Maret 2021.

Kelas Ibu hamil adalah kelompok belajar Ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan) dengan jumlah peserta maksimal 10 oramg.

Bacaan Lainnya

Menurut Bidan Desa Nglanjuk tujuan kelas ibu hamil adalah untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan selama kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayibaru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.

Kegiatan kelas ibu hamil ini dibagi tiga pertemuan, Pertemuan pertama mengenai kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan yang membahas tentang apa kehamilan itu. Perubahan tubuh ibu selama kehamilan, keluhan umum saat kehamilan dan cara mengatasinya (kram kaki, wasir dan nyeri pinggang), apa saja yang perlu dilakukan ibu hamil dan pengaturan gizi termasuk pemberian obat ketika terjadi keluhan.

Pertemuan kedua membahas tanda-tanda persalinan dan proses persalinan, serta perawatan nifas yang membahas apa yang dilakukan ibu nifas agar dapat menyusui ASI Eksklusif, bagaimana menjaga kesehatan ibu yang sedang nifas, tanda-tanda bahaya dan penyakit ibu nifas dan KB pasca persalinan.

Pertemuan ketiga membahas perawatan bayi meliputi, Perawatan Bayi baru lahir (BBL), pemberian K1 injeksi pada BBL, tanda bahaya BBL, pengamatan perkembangan bayi, dan pemberian Imunisasi pada BBL. Tidak lupa pada pertemuan ini juga digali tentang penelusuran mitos yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak. Serta penyampaian tentang pentingnya akte kelahiran.

Wiji Selaku Kepala desa Nglanjuk menyampaikan bahwa kegiatan kelas ibu hamil ini diharapkan dapat mencegah kematian Ibu dan Anak apalagi di musim Pandemi seperti ini. arp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.