“Retnong” Makanan Ekstrim yang Banyak Disukai

  • Whatsapp

LINTAS BLORA, BLORA- Dari ujung selatan Kabupaten Blora, di Desa Getas Kecamatan Kradenan ada hewan kecil hijau yang biasa digoreng dan banyak digemari masyarakat sekitar hutan.

Ya…”retnong”, warga sekitar daerah tersebut menyebutnya, hewan yang hidup di sekitar tanaman tebu, sejenis belalang namun tubuhnya lebih bulat dan berisi.

Bacaan Lainnya

“Warga sekitar biasanya gemar mencari hewan tersebut pada malam hari, hewan ini mempunyai suara yang khas sehingga mudah untuk mencari di perkebunan tebu,” kata Lilis Kristina salah satu warga Desa Getas,

“Rasanya gurih, renyah, seperti walang kayu (belalang kayu), apalagi digoreng dan ditemani sambal kemangi, tambah mantab,” ujarnya.

Banyak masyarakat sekitar hutan wilayah tersebut sangat suka pada olahan dari bahan dasar hewan tersebut, meskipun ada sebagian juga yang tidak begitu suka dikarenakan geli, ataupun tidak cocok di lidah mereka.

“Harga jual untuk satu gelas hewan mentah ini sekitar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah),” sambung Lilis.

Bahan makanan yang menarik, ada yang mengatakan ekstrim dari luar daerah, namun lazim bagi penikmatnya. Gurih, renyah, nikmat bagi yang suka, inilah salah satu keunikan dan potensi di daerah kita. (stw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *