Rutan Blora Adakan Sosialisasi HIV/AIDS, IMS, dan VCT Mobile Bagi WBP

LINTAS BLORA, BLORA KOTA – Guna antisipasi terjadinya penularan HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS), Dinas Kesehatan Kabupaten Blora bekerja sama dengan Puskesmas Blora, Kelompok Dukungan Sebaya dan Rutan Blora, menggelar Ngobrol Bareng dan Mobile VCT pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Blora, Selasa 22 Februari 2022. Kegiatan Mobile VCT dilaksanakan di Aula Rutan Blora.

Kegiatan ini menargetkan sekitar 136 warga binaan yang akan dilakukan pemeriksaan Mobile VCT oleh Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari dimulai pukul 08.30 WIB.

Bacaan Lainnya

Kepala Rutan Blora melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan Dra. Ani Mardijah Hajati menyampaikan, “Alhamdulillah kegiatan Mobile VCT dapat terlaksana berkat kerja sama yang baik dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora,” tuturnya.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan di Rutan Blora sekali dalam setahun. Kegiatan seperti ini sangat perlu dilakukan guna memutuskan mata rantai penularan yang sudah terjadi. Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini,” ungkapnya.

Kasi P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Sutik, S.Kep., MM. turut hadir dalam kegiatan ini dan menyampaikan, “Penyebaran penularan HIV/AIDS dan IMS saat ini masih menjadi momok yang menakutkan di Indonesia. Pasalnya indonesia menjadi salah satu lokasi dengan penderita penularan terbesar di dunia. Sebagaimana upaya dalam melakukan penemuan dini serta mencegah terjadinya penularan HIV/AIDS dan IMS. Hari ini Tim kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blora melakukan langkah nyata untuk mencengah HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS) di Rutan Blora,” paparnya.

Selanjutnya, pengisian materi sosialisasi disampaikan oleh Perwakilan Kelompok Dukungan Sebaya , Yuni Kristinawati. Beberapa materi sosialisasi yang disampaikan diantaranya Penjelasan mengenai HIV/AIDS, Gejala, Penularan dan cara pencegahan penularan HIV/AIDS.(Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.