Rutan Kelas IIB Blora Berikan Pelatihan Membuat Keset untuk Warga Binaan

KPU


Lintas Blora – Dalam rangka mengoptimalkan kegiatan pembinaan kemandirian, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Blora memberikan pelatihan kerajinan membuat keset dari kain bekas untuk warga binaan, Selasa (10/01/2023).

Pada pelaksanaannya, kegiatan ini didampingi langsung oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Staf pengelolaan bimbingan kerja. Kegiatan pembuatan kerajinan keset di ikuti oleh 10 orang warga binaan.

Kami memberikan pelatihan pembuatan keset ini sebagai salah satu modal untuk warga binaan agar setelah bebas nanti barangkali mau berwirausaha. Para warga binaan yang mengikuti pelatihan ini juga sudah kami kelompokan sesuai dengan minat dan bakatnya,” tutur Yowan selaku Kasubsi Pelayanan Tahanan.

Selain itu Pembinaan Kemandirian seperti misalnya bercocok tanam ini merupakan salah satu program prioritas kita di Rutan Kelas IIB Blora yang mana sesuai dengan visi dan misi pemasyarakatan itu sendiri, dengan adanya panen sayuran ini menunjukkan keberhasilan program pembinaan kemandirian di Rutan Kelas IIB Blora.

Sayuran ini ditanam di lahan kosong yang berdekatan dengan kolam ikan yang juga menjadi salah satu program pembinaan kemandirian di subsi. Kegiatan ini bukan yang pertama kalinya, ini sudah masuk panen yang kesekian kalinya untuk tanaman kangkung, khususnya dibidang pertanian.

Selain tanaman kangkung, Warga Binaan di Rutan Kelas IIB pun menanam seperti jagung dan terong. Hasil panen ini dikelola dan kerjasama dengan rekanan untuk tambahan pasokan pada dapur Rutan Kelas IIB Blora sebagai keperluan bahan makanan untuk Warga Binaan.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Blora, Tri Joko Wiyono menyampaikan bahwa akan terus melakukan kegiatan dan program-program yang dapat mendukung peningkatan produktivitas Rutan Blora. Kita akan terus laksanakan berbagai program dan kegiatan yang dapat membantu kita untuk mewujudkan warga binaan yang produktif, salah satunya melalui penanaman jagung, kangkung, terong dan pembuatan keset” Tuturnya.

Kepala Kasubsi Pelayanan Tahanan Yowan juga menambahkan akan terus berusaha memberikan program-program Pembinaan kepada Warga Binaan yang dapat memberikan manfaat bagi semua pihak. Kita terus berusaha untuk mendukung Rutan Blora menjadi Rutan yang produktif melalui berbagai program kerja dan Pembinaan yang diberikan. Kita akan terus berikan program-program Pembinaan yang nantinya dapat bermanfaat baik itu bagi Warga Binaan,” Tutupnya. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *