Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Kauman Bersihkan Makam Mojokembar

LINTAS BLORA, BLORA KOTA – Menyambut datangnya bulan Suci Ramadan warga Kelurahan Kauman Kecamatan Blora giat mengadakan kerja bakti. Seperti hari ini para warga gotong-royong membersihkan area sekitar Makam Mojokembar Kauman, Minggu (11/04/2021).

Acara gotong-royong ini diikuti oleh Lurah Kauman beserta semua elemen baik dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RW, Ketua RT dan masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan rutin tahunan gotong-royong membersihkan makam dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, merupakan salah satu tradisi yang biasa dilakukan umat muslim di Indonesia.

Tampak guyub rukun mereka membersihkan rumput dan tanaman yang tumbuh liar di areal makam desa. Ada yang merapikan tanaman yang tumbuh liar dan dipotong menggunakan sabit. Begitu pula yang lain, membersihkan rumput dengan cangkul dan sebagian lainnya mengumpulkan rumput dan batang pohon yang kering untuk dibakar.

Saat ditemui disela-sela kegiatan Lurah Kauman, Marthin Ukie Andhana, SE,MSi mengucapkan terima kasih kepada semua warga yg telah peduli mengadakan kegiatan bersih-bersih makam.

“Karena kebersihan sebagian dari iman, dan makam kalau bersih yg ziarah jadi nyaman dan khusuk dalam berdoa,” ucapnya.

Di tambahkan oleh Lurah Kauman, kerja bakti atau gorong royong membersihkan makam ini memang rutin dilakukan setiap menjelang bulan Ramadhan.

“Adapun di sela acara kita bagikan masker dan kita tabur lele untuk hiburan mancing bareng warga,” pungkasnya. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.