Sambut Ramadhan, Lurah Serta Warga Kelurahan Tambahrejo Bersih – Bersih Makam

KPU

Lintas Blora – Lurah bersama perangkat Pemerintah Kelurahan, Babinsa, dan warga masyarakat Kelurahan Tambahrejo, Kecamatan Blora mengadakan kerja bakti membersihkan area makam Bogo Indah di TPU Kelurahan Tambahrejo, Minggu (20/03/2023) pagi.

Kegiatan ini dilaksanakan agar area makam Bogo Indah terlihat lebih bersih dan rapi. Karena menjelang bulan suci ramadhan warga masyarakat biasanya berziarah ke makam para leluhur ke Tempat Pemakaman Umum. Kegiatan dimulai dari pembersihan semak, rumput dan sampah di area pemakaman.

Kepala Kelurahan Tambahrejo Marthin Ukie Andhana, SE, M.Si menyampaikan, bersih-bersih makam adalah sudah merupakan tradisi turun temurun, kegiatan rutin tahunan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah yang sebentar lagi tiba.

“Tradisi ini sudah biasa kami lakukan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Yang salah satunya dengan melakukan gotong royong membersihkan makam,” ucapnya.

Kegiatan kerja bakti semacam ini dapat dilakukan rutin tidak hanya menjelang bulan suci ramadhan saja. Tak hanya di area makam tetapi di lingkungan lainnya. Agar kerapian dan kebersihan lingkungan tetap terjaga.

Menurutnya, dengan dilakukan pembersihan di seluruh area makam ini diharapkan warga yang nantinya akan melaksanakan ziarah ke makam dapat melangkah dengan leluasa dan merasa nyaman.

“Kegiatan ini sebagai bentuk rasa hormat dan menghargai jasa para leluhur yang telah mendahului kita. Serta menciptakan kebersihan lingkungan baik ditempat tinggal maupun di tempat pemakaman,” tandasnya.

Bersih-bersih makam adalah bagian kegiatan masyarakat untuk memuliakan dan mendoakan para leluhur. Disamping itu bisa menjadi sarana dalam memupuk kerukunan antar warga sehingga patut untuk dilestarikan. ” Kita akan terus melestarikan tradisi ini,” ujar seorang warga.(Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *