Sidak Produk Makanan Dan Minuman Di Pasar Kunduran, Ini Yang Ditemukan Petugas Gabungan

Lintas Blora – Kegiatan pemantauan makanan dan minuman kadaluwarsa menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 terus dilakukan oleh petugas gabungan di kabupaten Blora Jawa Tengah.

Setelah kemarin melakukan inspeksi mendadak, (Sidak) di pasar Sido Makmur kecamatan Blora. Hari ini, Rabu, (13/04/2022) petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian Dan Peternakan, Satpol PP serta Labkesda dan Dindagkop Kabupaten Blora didampingi Forkopincam Kunduran melakukan pemantauan di pasar kecamatan Kunduran.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan makanan dan minuman yang dijual di pasar Kunduran aman dan sehat dikonsumsi oleh warga.Seperti yang dilakukan di Pasar Sido Makmur, petugas gabungan mengambil beberapa sample produk makanan dan minuman untuk dilakukan test laborat dan dalam hasil test laborat tersebut ditemukan ada cumi cumi yang dijual warga positif mengandung formalin.

Selain cumi cumi, juga ditemukan produk kerupuk merah putih yang positif menggunakan pewarna Rhodamin B atau pewarna tekstil.Formalin dan rhodamin B adalah bahan pengawet dan bahan pewarna yang membahayakan jika dikonsumsi oleh warga. Sejauh ini untuk pedagang yang menjual produk tersebut masih diberikan pembinaan agar tidak lagi menjual produk tersebut.

Kapolsek Kunduran Iptu Kumaidi menyampaikan bahwa dalam sidak di Pasar Kunduran ini, Kepolisian dan TNI melakukan pendampingan. Dan pelaksanaan test laborat dilakukan oleh petugas yang berkompeten.”Tentunya sidak ini kita lakukan untuk kebaikan masyarakat, agar tidak lagi dijual produk produk yang membahayakan kesehatan. Dan kami dari Polsek dan Koramil siap mendulung kegiatan tim gabungan dari Blora,” kata Kapolsek Kunduran.

Sementara itu Ka UPTD Pasar Wilayah 3 Ngawen Marthin Ukie Andhana,M.Si mengatakan bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022, pihaknya terus menjalin sinergi dengan lintas sektoral untuk menjaga kamtibmas serta kesehatan masyarakat, khususnya penjual dan pembeli di pasar Kunduran.”Kami dari UPTD Pasar Wilayah 3 Ngawen akan terus bersinergi dengan lintas sektoral.

Salah satunya adalah dengan mendukung sidak makanan dan minuman ini. Alhamdulilah sampai saat ini situasi di Pasar Ngawen, Kunduran dan Todanan aman dan kondusif. Kaitannya temuan sidak, tentunya harus dilaksanakan oleh pedagang bersangkutan,” kata Ukie.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.