Sulap Barang Bekas Menjadi Barang Bernilai Tinggi

LINTAS BLORA, JIKEN – Berinovasi memanfaatkan sampah warga desa Nglobo Kecamatan Jiken Kabupaten Blora menyulap sampah menjadi berbagai barang souvenir unik dan menarik, bernilai ekonomis, ditengah Pandemi Covid-19.

Bermula dari melihat banyaknya sampah di desanya, bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang menampung sampah di Bank sampah, pemuda bernama Muhammad Ilham, memanfaatkan bahan limbah sampah tersebut menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomis.

Bacaan Lainnya

Ilham yang juga pengurus Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna desa Nglobo, menyulap sampah tersebut, menjadi berbagai bentuk souvenir.

Bekas aqua gelas dan minuman soft drink ditempel di beri kertas, dan lapisi gypsum. Di finishing halus kemudian diberi warna dasar sesuai kreasinya.

Kemudian dihias dengan gambar gambar bunga dan kartun sehingga bisa menarik, sehingga menjadi vas bunga yang unik.

“Pembuatan Kerajinan itu bekerjasama dengan BUMDes yang mengumpulkan sampah melalui Bank sampah, kemudian dimanfaatkan sebagai bahan, membuat souvenir,” ungkap Pudik Harto Kepala Desa Nglobo Selasa (26/1/2021).

Sebetulnya, kata Ilham, sudah hampir dua tahunan menggeluti kerajinan limbah ini, dan sempat berhenti ketika awal Covid tahun kemarin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.