Tanam Kerut yang Langka Berjuta Manfaat

  • Whatsapp

LINTAS BLORA, BLORA- Selasa 29/12/2020. Tanaman Garut atau Kerut ini merupakan jenis umbi-umbian. Tanaman ini memiliki umbi berwarna putih, tumbuh bergerombol seperti saudaranya Ganyong.

Garut sebetulnya dapat kita manfaatkan menjadi bahan pangan alternatif karena memang garut ini banyak mengandung karbohidrat sehingga dapat kita gunakan sebagai pengganti beras. Untuk mengenyangkan perut kita cukup dengan merebus sampai matang dan bisa langsung kita santap.

Bacaan Lainnya

Meskipun rasanya hanya terasa tawar dan sedikit gurih tapi tidak ada salahnya kita mengkonsumsi tanaman ini. Tanaman ini merupakan tanaman yang sehat alami tanpa bahan kimia yang berbahaya. Jadi bagus untuk dikonsumsi.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa umbi Garut bisa dijadikan sebagai alternatif obat tradisional untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti maag, diare, dan radang usus.

“Saya sendiri sering makan tanaman Garut ini walaupun tawar tapi saya suka karena manfaatnya banyak,” Ujar Sriyati

Tanaman Garut atau Kerut ini sudah langka. Dulu di sekitar Hutan Desa Cabak banyak tumbuh liar. Namun sekarang populasi tanaman Garut atau Kerut tinggal sedikit. Dihutan Tanaman Garut atau Kerut ini pun jarang ditemui.

“Sekarang dihutan sudah tidak mau tumbuh lagi. Padahal manfaatnya banyak. Jadi saya mencoba menanam tanaman Garut atau Kerut ini di belakang warung saya,” ujar Sriyati.

Tanaman Garut atau Kerut biasanya dipanen dalam dua kali dalam setahun. Masa panen Tanaman Garut atau kerut ini hanya saat musim Kemarau saja.

“Kalo panennya waktu musim kemarau saja, kalo saat ini kan musim penghujan jadi tanaman Garut ini dalam Masa Pertumbuhan,” Ujar Sriyati.(frst)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *