Tanaman Genjer Kaya Akan Manfaat

LINTAS BLORA, JIKEN – Petani Desa nglobo Kecamatan Jiken Kabupaten Blora Berburu Tanaman Genjer yang kaya akan manfaat di Persawahan. (05/06/ 2021).

Ngasini, petani desa Nglobo ini biasa memasak Genjer menjadi tumis dan terkadang menjualnya dengan harga
Rp. 5.000/ikat.

Bacaan Lainnya

“Tanaman genjer ini hanya tumbuh di area persawahan yang banyak airnya, biasanya saya menjual genjer ini perikat Rp. 5.000/ikat. Namun sekarang tanaman genjer jarang ditemukan jadi saya masak sendiri saja,” ujar Ngasini.

Genjer (Limnocharis flava) merupakan sejenis tumbuhan rawa yang biasanya dapat dijumpai di sawah atau perairan dangkal bersama-sama dengan tumbuhan eceng gondok.

Meskipun genjer dianggap sebagai gulma yang mengganggu tanaman di persawahan, namun genjer memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman genjer yakni energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi dan juga vitamin B1.

Selain kandungan nutrisi di atas, terdapat pula kandungan serat pada sayur genjer, flovanoid dan polifenol pada daun genjer serta kardenolin pada bunga genjer. Daun genjer ini biasa disajikan menjadi tumis sayuran.

“Rasa Genjer ini enak apalagi dimakan dengan nasi hangat mirip seperti tumis kangkung namun ada rasa pahitnya sedikit-sedikit,” ujar ngasini.frst

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.