Tekan Tingkat Kehamilan, Puskesmas Tunjungan Laksanakan KB Massal

LINTAS BLORA, TUNJUNGAN – Kamis (8/4/2021), dengan dihadiri oleh anggota TNI, Kodim, beserta Muslimat NU Puskesmas Tunjungan selenggarakan kegiatan Keluarga Berencana Massal dalam rangka bakti sosial.

Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin pada bulan Maret dan April ini ditujukan khususnya untuk tokoh-tokoh masyarakat seperti Muslimat NU dan Aisyiyah Muhammadiyah.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan yang telah melalui 3 tahap ini meliputi bongkar pasang susuk dan IUD/spiral, suntik KB juga pemberian pil KB. Untuk IUDnya sendiri terdapat 10 akseptor.

Imam PLKB Puskesmasn Tunjungan mengatakan bila tahun kemarin karena adanya Covid-19, kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu bulan, sehari dibatasi sejumlah 5 akseptor dan bagi pegawai puskesmas wajib memakai APD, jaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Menurutnya lagi bila tahun kemarin mereka berani melakukan kegiatan KB Ini karena mewakili lomba Krasidenan Pati Baksos NU.

“Kendala hari ini harusnya ada 100 Akseptor KB tetapi banyak laporan karena mendekati puasa ibu-ibu memasak untuk ruwahan (adat jawa) hingga hanya sekitar 80 saja, akan tetapi ada juga yang menyempatkan diri untuk melakukan KB,” terang Imam.

Harapan kedepannya masyarakat mau untuk mengikuti KB NKJP apalagi TMR masih diatas Provinsi. Di Blora 2,3 yang seharusnya di Provinsi tingkatnya 2,1. (Aulia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.