Tikus Sawah Merajalela Polsek Kradenan Polres Blora Bantu Petani Gropyokan

  • Whatsapp

LINTAS BLORA, KRADENAN – Maraknya hama tikus sawah di wilayah desa Medalem kecamatan Kradenan kabupaten Blora Jawa Tengah membuat Polsek Kradenan Polres Blora bersama petani lakukan gropyokan tikus atau berburu tikus, Kamis, (05/08/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Kradenan AKP Lilik Eko Sukaryono, SH, MH beserta anggota Polsek dan Kepala Desa Medalem Anik Juwarti bersama warga desa Medalem.

Bacaan Lainnya

Adapun gropyokan tikus dilakukan dengan cara manual, yaitu menggali lubang tikus dan di tangkap dengan tangan untuk dimusnahkan.

Menurut Kapolsek Kradenan AKP Lilik Eko Sukaryono mengatakan, bahwa ini merupakan salah satu upaya Polres Blora dalam hal ini Polsek Kradenan untuk mensukseskan program pemerintah dalam ketahanan pangan, dengan bersinergi ikut memberantas hama tikus yang menjadi musuh alam. Apalagi masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan masih dalam keadaan PPKM. Diharapkan dengan berkurangnya hama tikus, bisa meningkatkan hasil panen masyarakat.

“Para petani dalam memberantas hama tikus di sawah mereka, menggunakan cara tradisional. Dan alhamdulilah dengan kekompakan semua, hari ini banyak tikus sawah yang berhasil kita tangkap,” ungkap Kapolsek Kradenan.

Dalam gropyokan tikus tersebut, anggota Polsek bersama warga berhasil menangkap ribuan tikus sawah. “Setiap lubang sarang tikus kita gali, dan pada satu lubang ada 10 – 15 tikus sawah. Dan dalam kegiatan kali ini ada sekitar 1500 tikus kita tangkap di wilayah persawahan desa Medalem,” tandas Kapolsek Kradenan.(ambar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *