Tim Paskibraka Blora 2022 Dikukuhkan

Lintas Blora – Tim  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Blora  dikukuhkan  oleh Bupati Blora dikukuhkan  oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., pada Senin malam (15/8/2022) di Pendopo Rumah Dinasnya.

Turut menyaksikan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., jajaran Forkopimda, dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga para orang tua anggota Paskibraka 2022 yang dikukuhkan.

Pengukuhan berlangsung secara khidmat, diiringi lagu-lagu nasional dan pembacaan puisi kebangsaan. Dua perwakilan dari 32 anggota Paskibraka yang dikukuhkan maju kedepan untuk dipasangkan lencana oleh Bupati H. Arief Rohman, SIP., M.Si. Yakni Revanda Adhi Pratama dari SMAN 1 Blora, dan Dara Rindhika Alda Ardhani dari SMAN 1 Tunjungan.

Dalam acara ini, Bupati merasa senang dan mengapresiasi semangat seluruh anggota Paskibraka yang mulai mengikuti pemusatan latihan sejak 2 Agustus lalu hingga dikukuhkan semalam. Menurut Bupati, ini sebuah kebanggaan sekaligus pengalaman yang luar biasa bagi seluruh anggota Paskibraka.

“Sah…!! Kita kukuhkan bersama 32 Paskibraka Kabupaten Blora Tahun 2022. Berbanggalah seluruh orangtua yang buah hatinya terpilih sebagai Paskibraka tahun ini. Selama hampir dua minggu mereka mengikuti pemusatan pelatihan, ditempa agar percaya diri, mencintai dirinya, keluarganya, agamanya, bangsanya, dan negaranya,” ucap Bupati.

“Mengibarkan Bendera Merah Putih merupakan salah satu tugas mereka saat 17 Agustus nanti. Namun dalam pelatihan Paskibraka ini, mereka juga diajarkan wawasan kebangsaan, menjadi pribadi yang kuat, mandiri, cinta tanah air, patriotisme, dan nilai-nilai Pancasila,” terang Bupati Arief.

“Selamat bertugas wahai putra putri terbaik Kabupaten Blora. Semoga lewat Paskibraka ini bisa menjadi lompatan masa depanmu yang lebih cerah. Aamiin… Merdeka….!!,” pungkas Bupati.
Kepala Dinporabudpar, Drs. Kunto Aji, melalui Sekretaris Dinporabudpar, Ani Wahyu Kumalasari, S.STP., MA., menjelaskan,  seleksi Paskibraka 2022 ini mulai dilaksanakan Maret lalu.

“Seleksi dimulai 29 Maret 2022, dengan peserta 200 orang dan diseleksi sampai memperoleh 32 anggota terbaik yang saat ini dikukuhkan Bapak Bupati. Ada satu juga yang lolos masuk Paskibraka Provinsi Jateng 2022 atas nama Oktadean dari SMAN 1 Blora,” terang Ani.

Sementara itu, Iptu Warsono, salah satu pelatih Paskibraka 2022 menyampaikan rencana petugas pengibaran dan penurunan bendera dalam Upacara Peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI.
“Semuanya 32 besok tampil, namun yang inti sebagai tim delapan terdiri dari Dara Rindhika Alda Ardhani dari SMAN 1 Tunjungan sebagai pembawa baki upacara pengibaran bendera. Kemudian Najwa Alifia dari SMAN 1 Randublatung sebagai pembawa baki upacara penurunan bendera,” ucap Iptu Warsono.

Kemudian menurutnya pasukan delapan selanjutnya adalah Eiffel Satuna Sakti dari SMAN 1 Cepu sebagai pembentang bendera. Brian Krisna Fajri Kencana dari SMAN 1 Cepu sebagai pembawa bendera, dan Evan Nando Rafiliyo dari SMAN 2 Blora sebagai pengerek bendera.

“Lalu ada Fhariz Putra Adyatama dari SMAN 1 Tunjungan sebagai pengawal pasukan delapan sebelah kiri, Revanda Adhi Pratama dari SMAN 1 Blora sebagai komandan pasukan delapan, dan Burhan Ahmad Syam Nur Faizin dari SMAN 2 Cepu sebagai Pengawal pasukan delapan sebelah kanan,” tambah Iptu Warsono.

Sisanya menjadi anggota pasukan tujuhbelas dan pasukan empat lima bergabung dengan anggota TNI – Polri. Upacara pengibaran dan penurunan bendera akan dilaksanakan di Alun-alun Blora tanggal 17 Agustus 2022 esok.

Usai pengukuhan dilanjutkan pemberian ucapan selamat bergantian dari Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda, dan seluruh Kepala OPD. Kemudian ditutup dengan pertunjukan yel-yel, penampilan bakat Paskibraka dan foto bersama dengan para orang tua. (Ambr)

Pos terkait