Tingkatkan Layanan Kemanusiaan, PMI Kabupaten Blora Resmikan Gedung Baru

KPU


Lintas Blora – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora siap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat setelah diresmikannya gedung baru Unit Donor Darah (UDD) yang berada di Jl GOR, Kamis (16/05/2024). Gedung baru berlantai dua ini dibangun sesuai standard akreditasi Kementrian Kesehatan (Kemenkes).
 
Peresmian gedung baru UDD dilakukan oleh Bupati Blora Arief Rohman didampingi ketua PMI Blora Sutikno Slamet dengan pemotongan pita dirangkai penandatanganan prasasti.

Ketua PMI Blora Sutikno Slamet mengatakan pembangunan gedung baru UDD mendesak dilakukan sebagai upaya meningkatkan layanan serta menjamin kualitas darah kepada masyarakat.

” Latar belakang nilai akreditasi itu adalah untuk menjaga kualitas darah. Sehingga kalau akreditasi itu terjamin kualitas darahnya. Akreditasi harus kita ikuti. Salah satunya syaratnya adalah, sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana contohnya gedung ini. Kalau gedung lama yang dulu mungkin akan sulit,” jelas Sutikno.

Sutikno mengungkapkan pembangunan gedung baru ini sudah mulai sejak bulan Juni 2023 lalu. Anggaran pembangunan mencapai 1 miliar koma 650 juta rupiah.

” Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, terutama Bapak Bupati yang telah mendukung terwujudnya pembangunan gedung ini. Kami terus terang tidak bisa membalas kebaikan, keikhalasan Bapak yang mewujudkan pembangunan gedung ini. Kami hanya bisa membantu untuk senantiasa menjaga kesehatan warga Bapak,” kata Sutikno.

Lebih lanjut Sutikno mengatakan jika selama ini stok darah di PMI selalu aman. Ini tak lepas dari peran dari Komunitas Relawan Pendonor (KRP) yang terus memenuhi ketersediaan darah di UDD PMI.

” Kami laporkan juga kalau stok darah di PMI aman. Bahkan kita sampai harus memenuhi permintaan darah di Kabupaten Bojonegoro dan Demak. Disini peran KRP sangat luar biasa. Mereka selalu 24 jam siap memenuhi kebutuhan darah bagi warga yang membutuhkan,” jelasnya.

Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi upaya PMI yang mampu menjaga ketersediaan darah di Kabupaten Blora. Bupati meminta agar PMI terus menambah relawan dan mengembangkan kampung donor darah.

” Tadi disampaikan kalau darah kita aman. Bahkan kita sampai harus mensuplai kebutuhan di luar Kabupaten lain. Tentunya kami dari Pemkab Blora berterima kasih dan mengapresiasi kerja keras PMI dan para relawan. Terus kembangkan kampur donor dan tambah sebanyak mungkin relawan agar stok darah kita selalu aman dan bisa memenuhi daerah-daerah lain juga,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan bantuan dua unit tandon air kepada MI Negeri Blora, MTs Negeri Blora, dan MA Negeri Blora secara simbolis oleh bupati.

Hadir dalam acara itu jajaran Forkompinda, Pengurus PMI Kabupaten Blora, Kepala OPD, Para Camat serta relawan PMI. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *