TP PKK Blora Siap Turut Menyukseskan SDGs Desa Blora

LINTAS BLORA, BLORA KOTA – Dengan tetap menaati protokol  kesehatan Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si memimpin langsung Pelantikan Pengurus TP PKK  Kabupaten Blora di pendopo rumah dinas Bupati. Rabu (3/3/2021).

Acara yang dilaksanakan setelah selang lima hari pelantikan Hj. Ainia Sholichah, SH, M.Pd. AUD, M.Pd.BI sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Blora ini turut disaksikan  Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, M,Si, OPD terkait dan perwakilan oraganisasi wanita se-Kabupaten Blora. 

Bacaan Lainnya

Bupati Arief dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora masa bakti 2021-2026 yang telah dilantik pada tanggal 26 Februari 2021 lalu oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten yang dilantik hari ini.

“Mengutip apa yang telah disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah saat Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota, beliau mengatakan bahwa PKK itu DASYAT, karena PKK adalah gerakan yang mempunyai akar rumput sampai paling bawah, yaitu dasawisma,” jelas Bupati.

PKK juga mampu menggerakkan partisipasi dan pemberdayaan sampai tingkat yang paling kecil, yaitu keluarga. PKK adalah potensi yang harus dioptimalkan kekuatannya.

Dilantiknya Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten ini adalah langkah awal dan merupakan bagian dalam mewujudkan visi misi ke depan.

Didalam sambutannya Bupati  Arief Rohman mengucakan selamat atas dilantiknya Ketua Tim Penggerak  PKK Kabupaten Blora masa bakti 2021-2026 pada tanggal 26 Februari 2021 lalu oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah dan Kepasa Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten yang dilantik hari ini.

Dengan mengutip apa yang telah disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah saat Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota, beliau mngatakan bahwa PKK itu DAHSYAT, “Karena PKK adalah gerakan yang mempunyai akar rumput sampai ke paling bawah yaitu dasawisma,” jelas Bupati.

PKK memiliki kemampuan sebagai penggerak partisipasi dan pemberdayaan masyarakat sampai  ke tingkat yang paling kecil yaitu keluarga, maka dari itu PKK adalah potensi yang harus dioptimalkan kekuatannya.  Pelantikan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten ini adalah langkah awal dan merupakan bagian dalam mewujudkan visi misi ke depan.

“Mari kita Sesarengan mBangun mBlora menuju masyarakat Blora yang unggul dan berdaya saing,” tegas Bupati.

Bupati meminta agar PKK mampu bersinergi, berkoordiansi dan bekerjasama yang baik, bahu membahu dengan Kepala Perangkat Daerah sebagai Pembina Tim Penggerak PKK untuk mengatasi permasalahan yang ada di Kabupaten Blora.

“Pandemi Covid-19 sampai saat ini belum hilang walaupun vaksinasi sudah dimulai. Serentetan persoalan dan permasalahan hadir, antara lain kesehatan, ekonomi, pendidikan, lapangan kerja, anak, dan gizi,” imbuhnya.

Tetapi kita tidak sendirian, ini masalah nasional bahkan dunia. Sedangkan Pekerjaan Rumah yang harus diselesaikan masih banyak, antara lain yaitu pengentasan kemiskinan, balita stunting, kekerasan terhadap anak dan perempuan, kenakalan remaja, pernikahan usia anak, lingkungan UP2K, perekonomian perempuan, tingginya angka kematian ibu dan balita, problem ideology, kependudukan dan masih banyak lagi.

“Kami berharap PKK bisa ikut mengambil peran,” lanjut Bupati.

Menurut Bupati, saat ini Desa  juga sedang mewujudkan SDGs, di antaranya 

1. Desa tanpa kemiskinan;
2. Desa tanpa kelaparan;
3. Desa sehat dan sejahtera;
4. Pendidikan desa berkualitas;
5. Desa berkesetaraan gender;
6. Desa layak air bersih dan sanitasi;
7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan;
8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa;
9. Desa tanpa kesenjangan;
10. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan;
11. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan;
12. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa;
13. Ekosistem daratan desa;
14. Desa damai dan berkeadilan;
15. Kemitraan untuk pembangunan desa; dan
16. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

“Maka PKK harus punya inovasi, harus kreatif, harus smart, tidak hanya pada level kabupaten tetapi sampai pada PKK tingkat desa,” ucapnya.

PKK inilah yang menjadi motor penggerak untuk mewujudkan SDGs Desa tersebut.

“Kita akan dorong Pak Kapolres dan Pak Dandim agar Babinsa dan Bhabinkamtibmas bisa ikut terjun bersama PKK hingga tingkat desa. Selamat bertugas, dan semoga sukses untuk bersama sama mewujudkan Blora yang lebih baik. Bismillahirohmanirrohim,” ungkap Bupati.

Daam kesempatan yang sama  Hj. Ainia Shalichah selaku Ketua TP PKK Kabupaten Blora yang menyatakan kesiapannya untuk mendukung menyukseskan program pemerintah daerah. 

“Kami dari PKK siap. Bismillah, semoga dengan kepengurusan yang baru kedepan bisa lebih baik lagi. Kami paham dengan permasalahan yang ada di Blora, oleh sebab itu akan kita garap bersama sama. Mohon do’anya agar PKK Blora diberikan kelancaran dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya. AF/LB

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.