Ukur Estimasi Penghitungan, KPU Kabupaten Blora Gelar Simulasi TPS Pemilu 2024

KPU

Lintas Blora – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora menggelar simulasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di TPS 12 Desa Banjarejo Kecamatan Rabu 27 Desember 2023. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 371 orang, yang terdiri dari petugas KPPS, pengawas, pemantau, saksi dan pemilih.

Dalam simulasi tersebut, petugas KPPS melakukan seluruh tahapan pemungutan suara, mulai dari awal rapat dan pelantikan, pendaftaran pemilih, pemberian surat suara, pencoblosan, penghitungan suara, hingga rekapitulasi suara. 

“Simulasi ini dilakukan secara riil, seperti halnya pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang,” ujar Divisi Teknis KPU Kabupaten Blora, Ahmad Solikin di lokasi pemungutan suara.

Ahmad Solikin, menyampaikan, bahwa simulasi ini bertujuan untuk mengetahui atau menghitung rata-rata perpemilih dalam melakukan pemungutan suara, menghitung waktu proses penghitungan suara dan rekap.

“Menghitung estimasi waktu untuk pembuatan salinan C Hasil yang akan dibagikan kepada Saksi dan Bawaslu serta menghitung estimasi waktu penggunaan sirekap mobil sampai pengunggahan,” terang Ahmad Solikin.

“Ini juga untuk memastikan bahwa semua tahapan pemungutan suara dapat berjalan lancar dan aman,” imbuh Ahmad Solikin.

Sementara itu, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kabupaten Blora, Ahmad Mustakim menambahkan bahwa simulasi TPS ini bisa menjadi gambaran pelaksanaan pungut hitung di TPS pada pelaksanaan Pemilu 2024. 

“Kami ingin dengan simulasi ini, petugas KPPS nantinya sudah siap untuk melaksanakan tugas-tugasnya,” tegasnya.

Dalam simulasi tersebut, KPU Kabupaten Blora juga menghadirkan pemilih berkebutuhan khusus, seperti pemilih disabilitas. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pemilih berkebutuhan khusus juga dapat menggunakan hak pilihnya dengan mudah dan nyaman.

Ahmad Mustakim berharap, bahwa simulasi TPS yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Blora dapat memberikan gambaran yang jelas tentang tahapan pemungutan suara pada Pemilu 2024. 

“Kami ingin masyarakat dapat memahami bagaimana tahapan pemungutan dan penghitungan suara agar dapat berpartisipasi dalam Pemilu 2024 dengan baik,” pungkasnya. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *