UTS di Masa Pandemi, Guru Dituntut Lebih Aktif

LINTAS BLORA, TUNJUNGAN – Rabu (14/4/2021). Banyak sekolah yang melaksanakan Ulangan Tengah Semester (UTS) di tengah pandemi. SDN Sitirejo, Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora adalah salah satunya. UTS 2 ini dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret sampai 6 Maret 2021.

Cara pelaksanaannya sendiri, Guru membagikan naskah soal per kelompok. Dimana satu kelompok beranggotakan 5 orang. Karena tidak memungkinkan untuk Guru mendatangi rumah siswa masing-masing maka dibagikan secara kelompok. Hal ini pun tidak mudah dan terdapat beberapa kendala.

Bacaan Lainnya

“UTS dimulai mulai pukul 07.30 WIB, kendalanya untuk anak yang bangun siang otomatis tidak bisa mengambil naskah soal di kelompok karena Guru tidak menitipkan naskah soal di kelompok, maka orang tua siswa yang akan mengambil naskah soal ke sekolah,” ujar Lisning Eni, Kepala Sekolah SDN Sitirejo.

Untuk masalah penilaian sendiri, karena sekolah di rumah maka memungkinkan siswa untuk membuka google, melihat buku, dibantu orang tua. Tapi Guru menekankan untuk dikerjakan sendiri oleh siswa dalam artian ditulis sendiri oleh siswa.

“Dalam UTS ini kami tidak menerima tulisan dari orang lain karena jika siswa dituliskan oleh orang lain maka itu sangat jelas. Disini kami menerima hasil siswa sendiri, tulisannya sendiri walaupun ada yang diajarkan oleh orang tua atau membuka buku,” jelas Lisning Eni.

Adanya Covid-19 ini berdampak pada UTS, karena pembelajaran tidak maksimal jadi banyak materi yang tidak tersampaikan. Ketika menjelang UTS Guru maraton untuk mengejar materi yang tertinggal.

“Semoga Covid-19 segera selesai agar pembelajaran dapat tatap muka seperti dahulu agar siswa juga dapat senang bertemu dengan teman-teman nya kembali,” harap Lisning Eni. (Aulia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.