Warga Di Kecamatan Bogorejo Blora Diimbau Waspada PMK

Lintas Blora – Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi dan kambing. Bhabinkamtibmas desa Nglengkir Polsek Bogorejo Polres Blora Aipda Setio Wahyu Widodo bersama Babinsa Sertu Imam Maskur dan Anggota Satpol PP Eko Pujiyono melaksanakan patroli dialogis dengan sasaran warga peternak sapi dan kambing di wilayah setempat. Selasa, (16/08/2022).

Patroli dialogis merupakan kegiatan rutin, terkait dengan maraknya penyakit mulut dan kuku yang akhir akhir ini meresahkan warga.
Kita laksanakan pengecekan terhadap peternak di wilayah binaan sekaligus mengingatkan agar mewaspadai penularan PMK, apabila ditemukan ciri-ciri klinis adanya hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” pesan Bhabinkamtibmas kepada peternak.

Bhabinkamtibmas berpesan agar warga selalu menjaga kebersihan kandang ternak yang ada. “Salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternak serta penyemprotan disinfektan secara berkala,” tandas Bhabinkamtibmas.

Suparman, salah seorang peternak sapi warga desa Nglengkir menyambut baik sambang dialogis yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta Satpol PP tersebut.

“Terima kasih atas informasi dan pencerahannya, selama ini kami telah rutin membersihkan kandang dan saat ini juga kita mulai menyemprot disinfektan di kandang,” kata Suparman.

Terpisah Kapolsek Bogorejo AKP Nur Dwi Edi,SH,MH menyampaikan bahwa sesuai dengan atensi bapak Kapolres Blora AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH bahwa pihaknya telah memberdayakan Bhabinkamtibmas untuk bersinergi dengan Babinsa agar rajin turun ke wilayah binaan guna memantau situasi terkini dan mendengar keluhan warga tentang masalah kamtibmas ataupun masalah lainnya. Sehingga jika terjadi suatu hal bisa segera diantisipasi dengan cepat.

“Terima kasih kepada seluruh bhabinkamtibmas yang telah aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Segera koordinasi dengan instansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya,” ucap Kapolsek. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.