Warga Kelurahan Kauman Gelar Sedekah Bumi Ditengah Pandemi Covid-19

LINTAS BLORA, BLORA KOTA – Kelurahan Kauman Kecamatan Blora, gelar sedekah bumi ditengah pandemi covid-19. Tradisi sedekah bumi atau sesaji bumi dimaknai sebagai salah satu bagian yang sudah menyatu dengan masyarakat Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora dan menjadi simbol penghormatan terhadap bumi yang menjadi sumber kehidupan.

Sedekah bumi merupakan wujud syukur petani atas rejeki panen padi, sebagai ungkapan syukur diadakan rangkaian kegiatan secara sederhana, pada malam jumat pon acara maos yasin dan tahlil dimakam sunan pojok blora, di lanjutkan jumat pagelaran wayang padat di ringkas hanya satu jam dalang Ki Alif Kriwul lakon Dewi Sri.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua yayasan sunan pojok, Ketua RT, Ketua RW, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh agama, masyarakat, serta perangkat.

Menurut Lurah Kauman Marthin Ukie Andhana, SE, MSi menyampaikan kegiatan sedekah bumi tahun ini kita laksanakan secara sederhana karena situasi masih pandemi Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan kita berdoa bersama semoga Covid-19 segera berakhir.

Kelurahan Kauman Kecamatan Blora memilih untuk tetap melangsungkan sedekah bumi di tengah pandemi dengan tujuan sebagai bentuk syukur atas limpahan rezeki dan kesehatan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Ditempat terpisah, Lurah Kauman Marthin Ukie Andhana, SE, MSi menjelaskan tradisi sedekah bumi sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu. Dimaksudkan sebagai ungkapan syukur warga atas melimpahnya hasil panen agar warga Kauman terus dilimpahi keberkahan dan kesejahteraan. (Ambr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.