Wujudkan Desa Asri, 109.779 Pohon Ditanam di Blora

KPU
Lintas Blora – Untuk mendukung terwujudnya Desa Asri, sejak bulan Oktober 2022 hingga saat ini, sebanyak 109.779 pohon berhasil ditanam di sejumlah desa di Blora. Dari jumlah tersebut, mayoritas merupakan tanaman buah-buahan.

Disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Yayuk Windrati, di sela-sela penanaman pohon pada peringatan Desa Asri Nusantara di area Waduk Tempuran, Desa Tempuran, Kecamatan Blora Kota, Senin (20/3/2023), dengan penanaman ribuan pohon tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan desa masing-masing.

“Dengan penanaman ribuan pohon, diharapkan kita selalu peduli kepada lingkungan, peduli kepada desanya, sehingga akan tercipta desa asri, aman, sehat, rindang dan indah,’’ jelas Yayuk.

Hadir di acara itu Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, Forkopimda, Sekda, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Kemendes PDTT, Camat Blora, Kepala Desa dan Kepala Kelurahan se Kecamatan Blora.

Menurut Yayuk Windrati, penanaman pohon di Waduk Tempuran tersebut hanya seremoni. Sedangkan giat penanaman sudah dilakukan mulai Oktober sampai dengan saat ini, dan sebanyak 109.779 batang tanaman buah sudah berhasil ditanam.

Disampaikan pula, Blora menjadi salah satu dari delapan kabupaten/kota di Indonesia yang menjadi percontohan kegiatan penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Desa Asri Nusantara. Tak hanya itu, lanjutnya, sebanyak 294 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Blora juga didorong untuk menanam tanaman kelor, dimana bermanfaat untuk upaya pencegahan stunting.

“Di Blora juga ada gerakan perempuan menanam kelor di 294 desa dan kelurahan. Dimana bisa berfungsi untuk pencegahan stunting, selain kedua untuk ketahanan pangan serta mewujudkan desa asri,” tambah Yayuk.

Menanam Pohon Upaya untuk menggiatkan penanaman pohon di Blora tersebut, disambut baik dan diapresiasi oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si. Pihaknya bersama Forkopimda bahkan turut serta melakukan penanaman pohon di area tepian waduk di Desa Tempuran.

“Kita apresiasi, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Diharapkan dengan kegiatan penanaman pohon ini jadi momentum bagi desa untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya, selain menjaga keasrian serta menjadi langkah kongkrit desa untuk mewujudkan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan,” terang Bupati Arief.

Lokasi Desa Tempuran, sengaja dipilih, mengingat desa tersebut memiliki banyak potensi pariwisata, baik kuliner, wisata air, hingga digadang-gadang untuk menjadi sentra agrowisata buah-buahan di Blora. Dikatakan Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu, ketika pohon yang ditanam terus dirawat dan tumbuh, diharapkan dapat mewujudkan desa yang hijau dan asri. Kemudian melalui gerakan menanam pohon, diharapkan desa dapat mengambil peran dan berkontribusi dalam menghijaukan lingkungan.

Usai penanaman pohon, agenda dilanjutkan dengan mengikuti video conference Peringatan Hari Desa Asri Nusantara dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar, yang dipusatkan di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Di kesempatan itu Menteri Desa PDTT Abdul Halim menyampaikan, gerakan penanaman pohon yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada Peringatan Hari Desa Asri Nusantara, sejumlah 8.508.327 pohon ditanam.

Secara simbolis penanaman pohon diikuti oleh 8 desa dari berbagai daerah di Indonesia, dimana salah satunya adalah Desa Tempuran, Kabupaten Blora.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *